Persib Kehilangan Momentum setelah Shopee Liga 1 2020 Berhenti

Oleh Harley.Ikhsan pada 23 Mar 2020, 07:00 WIB
Diperbarui 23 Mar 2020, 07:00 WIB
Supardi Nasir, Robert Alberts, Dejan Antonic

Jakarta Persib Bandung dalam performa positif pada awal Shopee Liga 1 2020. Namun, sayang mereka tidak bisa mempertahankan momentum karena penundaan kompetisi yang belum jelas sampai kapan bakal berlangsung.

Maung Bandung menjadi satu-satunya tim dengan rapor sempurna pada awal Shopee Liga 1 2020. Mereka mengoleksi sembilan poin usai menaklukkan Persela Lamongan (3-0), Arema FC (2-1), dan PSS Sleman (2-1).

Performa tersebut menempatkan anak asuh Robert Alberts di puncak klasemen sementara. Dengan perolehan sembilan poin, Persib Bandung unggul dua nilai atas pesaing terdekat sekaligus juara bertahan Bali United.

Sayangnya, Shopee Liga 1 2010 sementara ditunda selama dua pekan imbas pandemi virus Corona Covid-19 di tengah laju positif Persib Bandung. Supardi menilai hal ini cukup merugikan timnya karena merusak ritme Maung Bandung

"Sebenarnya tidak efektif ketika tim lagi meningkat performanya harus jeda lagi. Kami harus mencari momen itu lagi, agak sedikit butuh waktu lagi," kata kapten Supardi Nasir dikutip Ayo Bandung.

2 dari 4 halaman

Percaya Tim Pelatih

Arema FC vs Persib Bandung
Duel antara pemain muda Arema FC, Feby Eka Putra, dan bek senior Persib Bandung, Supardi Nasir, kala kedua tim bertemu di pekan kedua Shopee Liga 1 2020 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (8/3/2020). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Pemilik nomor punggung 22 itu yakin performa Persib Bandung akan terjaga andai kompetisi diselenggarakan sesuai jadwal. Namun, Supardi yakin tim pelatih memiliki langkah anternatif untuk tetap menjaga motiasi Maung Bandung di masa jeda kompetisi.

Apalagi penundaan kompetisi ini bukan tanpa alasan. Pandemi virus Corona yang makin masif harus dapat dipahami semua pihak. Karenanya, Supardi mengatakan timnya pun harus bisa beradaptasi dengan situasi yang ada.

"Ini kebijakan pemerintah kita, tentunya banyak kebaikan dari situ, untuk khalayak umum, khususnya untuk pemain. Harap dimaklumi dan ini untuk kebaikan kita semua. Memang ini permasalahan yang serius dan tidak bisa dianggap remeh," kata Supardi.

"Kalau kemarin kompetisi lanjut terus kita tinggal coba menjaga. Kalau sekarang kita harus adaptasi lagi. Tapi pelatih punya program, bagaimana caranya biar momen ini terjaga terus," ucap Supardi.

Sumber: Ayo Bandung

Disadur dari: Liputan6 (Harley Ikhsan/Jonathan Pandapotan Purba, published 22/3/2020)

3 dari 4 halaman

Klasemen Liga 1

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓