Sukses


Kiat Jitu Persela Memantau Latihan Mandiri saat Libur Shopee Liga 1 2020

Bola.com, Jakarta - Tiap klub kontestan Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 punya kiat masing-masing untuk memantau latihan mandiri yang dilakukan para pemainnya di rumah selama libur akibat penyebaran COVID-19. Persela Lamongan misalnya, punya cara jitu.

Kebijakan yang dilakukan manajemen Persela sangat menarik. Tim pelatih memanfaatkan teknologi digital yang saat ini sangat marak dan telah diakrabi publik.

"Kami gunakan rekaman video untuk mengontrol latihan mandiri semua pemain Persela. Tiap pemain harus mengirimkan video latihan mereka sesuai program yang telah diberikan pelatih," kata Didik Ludianto, asisten pelatih Persela.

Durasi rekaman video harus sesuai program latihan harian yang sudah diberikan kepada pemain. "Kami minta komitmen pemain untuk tetap latihan mandiri di rumah. Kami akan memantau latihan itu dari rekaman video yang dikirim ke grup," tuturnya.

Dengan kiat itu, lanjut Didik Ludianto, tim pelatih akan tahu apakah si pemain menjalankan instruksi atau tidak.

Manajemen Persela meliburkan aktifitas latihan hingga 30 Maret mendatang. Namun rencana itu bisa berubah sesuai kondisi pandemi COVID-19.

"Jika wabah Corona cepat berakhir, 27 Maret sudah bisa latihan bersama lagi. Bila kondisi masih rawan, maka durasi libur bisa bertambah lagi," ucapnya.

 

Video

2 dari 2 halaman

Cara Unik Riko Simanjuntak

Persija Jakarta memilih untuk meliburkan timnya menyusul penundaan sementara kompetisi Shopee Liga 1 2020. Penyelenggaraan kompetisi kasta tertinggi sepak bola di Tanah Air itu terpaksa dihentikan sementara untuk menghindari penyebaran virus Corona.

Kendati demikian, hal itu tak membuat para punggawa Persija bisa bersantai. Sebab, program latihan tetap diberikan tim pelatih kepada para pemain selama berada di rumah.

"Tim pelatih tetap memberikan program latihan untuk kami di rumah agar fisik kita tetap terjaga, supaya tidak kendor. Sehingga pada saat kembali latihan bersama, fisik kita tidak menurun," ujar penyerang sayap Persija, Riko Simanjuntak.

"Saya pribadi memang ingin terus bugar, agar bisa tetap lincah. Makanya saat karantina mandiri saya tetap latihan rutin," katanya menambahkan.

Riko juga mengaku diwanti-wanti oleh manajemen untuk menjaga kesehatan. Selain itu juga harus selalu mengikuti imbauan dari pemerintah.

"Manajemen dan semua pemain saling mengingatkan. Saat ini yang kita utamakan tentunya kesehatan dan peka terhadap semua anjuran, baik dari pemerintah maupun dokter di tengah penyebaran virus ini," imbuh Riko.

Skuat Persija rencananya akan kembali berlatih pada 23 Maret mendatang. Di hari pertama berkumpul, para pemain bakal menjalani tes kesehatan.

Video Populer

Foto Populer