Elkan Baggott, Bek Muda Ipswich Town yang Bisa Membela Timnas Indonesia, Inggris, atau Thailand

Oleh Hanif Sri Yulianto pada 24 Mar 2020, 17:20 WIB
Diperbarui 24 Mar 2020, 17:20 WIB
Elkan Baggott

Bola.com, Jakarta - Bek muda Ipswich Town, Elkan Baggott, dikabarkan sedang menjadi "objek" perebutan dua negara yakni, Timnas Indonesia dan Thailand. Meski keturunan Inggris-Indonesia, Baggot ternyata lahir di Thailand.

Menurut asas kewarganegaraan yang dianut, seorang anak yang lahir di Thailand, otomatis akan mendapatkan status tersebut. Asas ini disebut ius Soli.

Menariknya, Baggott juga bisa mendapat kewarganegaraan Inggris atau Indonesia, meski lahir di Thailand, pada 23 Oktober 2002.

Melansir Gov.uk, Selasa (24/3/2020), status kewarganegaraan bisa secara otomatis diturunkan satu generasi ke anak-anak yang lahir di luar Inggris.

Itu berarti, kelak Baggott bisa menjadi Warga Negeri Inggris kelak ketika dewasa.

Sementara itu, Baggott juga bisa menjadi warga negara Indonesia karena darah sang ibu. Hal itu terjadi karena Indonesia menerapkan asas ius sanguinis atau berdasarkan garis keturunan

Thailand disebut berminat dengan bek bertinggi badan 192 cm ini setelah meraih kesuksesan dengan skuat muda Ipswich Town.

Sementara Timnas Indonesia U-19 asuhan pelatih Shin Tae-yong juga pernah mengundang sang pemain untuk ikut seleksi. PSSI pernah mengirimkan surat undangan, namun sang pemain sedang dalam kondisi cedera.

2 dari 2 halaman

Lebih Tertarik Membela Timnas Indonesia?

Timnas U-16 logo
Tiga pemain terbaik TImnas Indonesia U-16. (Bola.com/Dody Iryawan)

Meski mendapat membela Timnas Thailand, Elkan Baggot dikabarkan lebih tertarik membela Timnas Indonesia. Pasalnya, ia memiliki banyak keluarga di Indonesia.

Bek muda ini juga memiliki masa kecil di Indonesia dan pernah menimba ilmu di British School of Jakarta pada 2008. Ia sempat menjadi kapten tim sepak bola di sana sebelum pindah ke Inggris pada 2011.

Ia sempat membela beberapa akademi sepak bola di Inggris selama enam tahun sebelum bergabung dengan Ipswich Town U-16.

Lanjutkan Membaca ↓