Sebaran Pemain Asing dan Keturunan Belanda di Shopee Liga 1

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 25 Mar 2020, 07:30 WIB
Diperbarui 25 Mar 2020, 07:30 WIB
Ulasan Kinerja Pesepak Bola Keturunan Belanda Di Pentas Liga 1

Bola.com, Jakarta - Populasi pemain asing berpaspor dan keturunan Belanda masih terjaga di Shopee Liga 1 2020. Sejumlah tim masih memercayai wajah-wajah berdarah Negeri Kincir angin tersebut.

Persib Bandung menjadi tim yang paling doyan mengumpulkan pemain asal Belanda. Tim berjulukan Pangeran Biru itu mempunyai Geoffrey Castillion dan Nick Kuipers.

Sejauh ini, kontribusi Geoffrey dan Kuipers untuk Persib begitu besar. Keduanya membawa Pangeran Biru ke puncak klasemen sementara Shopee Liga 1.

Geoffrey dan Kuipers selalu bermain pada tiga pertandingan Persib di musim ini. Nama pertama bahkan telah membukukan dua gol.

Selain Persib, Bali United juga jadi wadah tempat berkumpulnya pemain asing dan keturunan Belanda. Selain Stefano Lilipaly sebagai pemain kelahiran Negeri Kincir Angin yang telah mengantungi paspor Indonesia, tim dengan sebutan lain Serdadu Tridatu ini dihuni oleh Melvin Platje.

Platje melejit sebagai pemain terpenting Bali United di Shopee Liga 1. Penyerang berusia 31 tahun itu adalah top scorer klub untuk sementara ini dengan dua gol dari tiga penampilan. Sementara itu, Lilipaly mengemas satu gol dari dua pertandingan.

Pemain kelahiran Negeri Kincir Angin lain yang dinaturalisasi Indonesia, Diego Michiels, juga masih menunjukkan penampilan konsisten. Sejak tiga musim belakangan, bek kelahiran Deventer, Belanda tersebut kerap dipercaya sebagai starter oleh Borneo FC dan menjabat sebagai kapten tim pada kompetisi tahun lalu.

2 dari 4 halaman

Pemain Lain Masih Melempem

Liga 1 2019 : Persija Jakarta Vs PSM Makassar
Gelandang PSM Makassar, Wiljan Pluim, menyentuh bola dengan tangan saat melawan Persija Jakarta pada laga Liga 1 2019 di SUGBK, Jakarta, Rabu (28/8). Kedua tim bermain imbang 0-0. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Adapun, penampilan tiga pemain asing Belanda plus keturunan masih belum memuaskan. Sylvano Comvalius tak kunjung mencetak gol bagi Persipura Jayapura. Sementara itu, performa dari Marc Klok di Persija Jakarta jauh dari harapan.

Begitu pula Wiljan Pluim bersama PSM Makassar. Gelandang kelahiran Zwolle, Belanda tersebut juga masih paceklik gol dan assist pada tiga laga musim ini.

Pemain berdarah Belanda terakhir yang masih eksis di Shopee Liga 1 adalah Irfan Bachdim. Sayang, eranya penyerang berumur 31 tahun ini telah lewat. Dari tiga pertandingan, dia masih mandul.

3 dari 4 halaman

Sebaran Pemain Asing Asal dan Berdarah Belanda

Latihan Persija Jakarta
Pemain Persija Jakarta, Marc Klok, tidak mengikuti latihan kerena cedera saat latihan di SUGBK, Jakarta, Jumat (7/2). Latihan ini persiapan jelang Liga 1 Indonesia 2020. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Persib Bandung: Geoffrey Castillion, Nick Kuipers

Bali United: Melvin Platje, Stefano Lilipaly (naturalisasi)

Borneo FC: Diego Michiels (naturalisasi)

Persipura: Sylvano Comvalius

PSM Makassar: Wiljan Pluim

Persija Jakarta: Marc Klok

PSS Sleman: Irfan Bachdim (lahir di Belanda)

4 dari 4 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓