Bintang Shopee Liga 1 yang Pernah Tampil di Liga Champions

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 27 Mar 2020, 10:15 WIB
Diperbarui 27 Mar 2020, 10:15 WIB
Shopee Liga 1 2020

Bola.com, Jakarta - Pesona Liga Indonesia mulai memikat pemain kelas Eropa. Di Shopee Liga 1 2020, ada tiga bintang yang pernah berkancah di Liga Champions.

Marco Motta menjadi pemain terbeken di Shopee Liga 1 2020 yang pernah berkarier di Liga Champions. Menurut Transfermarkt, bek Persija Jakarta ini mencatatkan tiga penampilan di turnamen paling bergengsi di benua biru itu.

Saat masih membela Udinese, Motta bermain ketika timnya melawan Werder Bremen pada babak penyisihan Grup C Liga Champions 2005-2006. Bek asal Italia ini bertanding sebagai starter dan bermain penuh.

3. Marco Motta - Motta menunjukan kualitasnya sebagai bek sayap berbahaya di sisi kanan. Pemain berumur 33 tahun ini gemar memberikan umpan silang dari pos bek sayap kanan dan menusuk ke lini pertahanan lawan. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Penampilan kedua dan ketiga Motta di Liga Champions terjaid pada musim 2008-2009. Dia memperkuat AS Roma saat menghadapi Arsenal di babak 16 besar. Motta bermain penuh pada dua pertandingan itu plus babak tambahan waktu di pertemuan kedua.

Superstar Shopee Liga 1 2020 kedua yang pernah merasakan panggung Liga Champions adalah Melvin Platje. Masih memakai Transfermarkt sebagai acuan, penyerang Bali United ini dua kali bertanding di babak kualifikasi Liga Champions musim 2013-2014.

Saat itu, Platje masih berkostum klub Azerbaijan, Nefthci Baku. Dia dua kali menghadapi tim Albania, KF Skenderbey pada babak kualifikasi kedua Liga Champions.

2 dari 3 halaman

Pemain Terakhir

Tira Persikabo vs Bali United
Gelandang Bali United, Paulo Sergio, menggiring bola saat melawan Tira Persikabo pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Patriot Pakansari, Bogor, Kamis (15/8). Bali menang 2-1 atas Tira Persikabo. (Bola.com/Yoppy Renato)

Paulo Sergio menjadi pemain terakhir yang memperkuat tim Shopee Liga 1 2020 dan pernah mencicipi Liga Champions. Gelandang Bali United ini tampil pada musim 2012-2013.

Berpatokan dari Transfermarkt, Paulo Sergio diturunkan klub Siprus, AEL Limassol, pada babak kualifikasi kedua dalam dua leg, babak kualifikasi ketiga pada pertemuan pertama, dan sekali di babak penyisihan.

Lawan-lawan yang dihadapi ketika itu ialah klub Irlandia Utara, Linfield FC, tim Serbia, Partizan Belgrade, dan raksasa Belgia, Anderlecht. Berstatus alumnus Liga Champions, ketiganya kini menikmati karier di Shopee Liga 1.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓