Marko Simic dan Para Algojo Penalti Ulung di Shopee Liga 1 2020

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 28 Mar 2020, 08:15 WIB
Diperbarui 28 Mar 2020, 08:15 WIB
Trivia - Parade Raja Tendangan Penalti

Bola.com, Jakarta - Kompetisi Shopee Liga 1 2020 dipastikan bakal berlangsung menarik sampai akhir musim jika bisa kembali bergulir nanti usai pandemi virus Corona berlalu. Hal itu tak terlepas dari klub-klub peserta yang memiliki algojo tendangan penalti.

Algojo tendangan penalti penting dimiliki klub-klub peserta Shopee Liga 1 2020. Biasanya, pelatih telah menentukan pemain yang mendapatkan tugas jika dalam pertandingan timnya mendapatkan hadiah tendangan penalti.

Seorang algojo penalti biasanya memiliki tendangan akurat dan terukur. Mereka juga memiliki kebiasaan menendang ke arah tertentu dan selalu diulang.

Akan tetapi, ada juga pemain yang suka melakukan spekulasi dengan menendang ke arah berbeda setiap menjadi eksekutor. Biasanya hal itu dilakukan demi meminimalisir kegagalan tendangan karena ditebak kiper lawan.

Mengacu pada data musim lalu, Marko Simic menjadi pemain yang paling banyak mengoleksi gol lewat tendangan penalti. Pemain asal Kroasia itu mencetak sembilan gol dari titik putih.

Uniknya, tiga gol tendangan penalti pernah dicetak Simic pada satu pertandingan. Hal itu terjadi ketika Persija Jakarta melumat Madura United dengan skor 4-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 13 Desember 2019.

"Saya ingin berterima kasih kepada Tuhan karena memberi saya kesehatan yang baik selama musim yang panjang, dan tidak lupa kepada rekan-rekan saya yang membantu saya untuk bisa jadi top scorer di musim ini," kata Marko Simic.

Pada akhir musim, Simic mencatatkan 28 gol dan meraih penghargaan sebagai pencetak gol terbanyak Liga 1 2019. Pada Shopee Liga 1 2020 Simic baru mencetak 1 gol dan itu bukan dari eksekusi tendangan penalti.

2 dari 3 halaman

Persaingan Ketat

Salam Siku Akhiri Duel Keras Bhayangkara FC dan Persija
Pemain tengah Bhayangkara FC, Renan da Silva (kiri) berebut bola dengan gelandang Persija, Marc Anthony Klok pada lanjutan Shopee Liga 1 Indonesia di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (14/3/2020). Laga kedua tim berakhir imbang 2-2. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Selain Marko Simic, Persija Jakarta dipastikan juga memiliki eksekutor ulung tendangan penalti. Tanggung jawab itu bisa diberikan pada Marc Klok yang musim ini berseragam Persija.

Musim lalu semasa di PSM Makassar, Klok tercatat menyumbang empat gol yang semuanya berasal dari tendangan 12 pas. Pemain asal Belanda itu memiliki tendangan keras yang sulit dihentikan kiper lawan.

Sementara itu, ada pula tiga nama lainnya yang juga andal dalam mengeksekusi tendangan penalti. Mereka adalah Makan Konate, Ciro Alves, dan Francisco Torres yang musim lalu juga mencetak empat gol dari tendangan penalti.

Dari ketiga nama itu, hanya Torres yang musim ini sudah mencetak gol melalui tendangan penalti di Shopee Liga 1 2020. Kejadian itu berlangsung saat Borneo FC mengalahkan Persipura Jayapura dengan skor 2-0.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓
Cara Latihan Refleks Kiper Muda Arema FC, Andriyas Francisco di Dalam Rumah