Persib Rahasiakan Nama Pemain yang Terkena Virus Corona

Oleh Erwin Snaz pada 27 Mar 2020, 21:55 WIB
Diperbarui 27 Mar 2020, 21:55 WIB
Persib Bandung

Bola.com, Jakarta - Dokter tim Persib Bandung, Raffi Ghani merahasiakan nama sosok pemain yang telah positif terpapar virus Corona (COVID-19). Ia hanya menyebutkan salah satu pemain yang positif Corona itu yakni yang melakukan tes kesehatan kedua oleh Dinas Kesehatan Jawa Barat di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kamis (26/3/2020) oleh petugas dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.

Pemain yang menjalani tes kedua yakni Omid Nazari, Geoffrey Castillion, Fabiano Beltrame, dan Wander Luiz. Selain pemain, pelatih Robert Alberts dan Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Zaenuri Hasyim juga turut menjalani tes.

"Tes sebelumnya sudah saya informasikan semuanya negatif. Kemarin ada beberapa orang yang diperiksa dan hasil pemeriksaan ada yang positif satu orang," jelas Raffi saat dihubungi Jumat (27/3/2020) malam.

"Tapi saya tidak bisa menyebutkan namanya karena ini rahasia). Dan memang ada keterbatasan saya untuk menjaga namanya karena ada kerahasiaan pasien dan dokter," lanjut Raffi.

Yang pasti kata Raffi ada seseorang pemain Persib yang pada saat pemeriksaan PCR di tanggal 26 Maret kemarin hasilnya positif.

"Sejauh ini karena yang bersangkutan daya tahan tubuhnya baik, artinya tidak ada gejala apapun, ringan sedang atau berat. Tapi tetap dia harus melakukan isolasi mandiri. Dia tidak boleh ada kontak dengan siapapun dalam rangka untuk memutus rantai penyebaran," jelas Raffi.

Karena khawatir dengan kondisi yang bagus itu, menularkan kepada seorang yang kondisi badannya tidak bagus, sehingga diisolasi mandiri seperti yang manajemen Persib kemukakan.

"Semuanya sudah diatur seperti distribusi makanan, keperluan-keperluan dia tanpa kontak langsung dengan yang besangkutan," ucap Raffi.

 

2 dari 3 halaman

Nekat Bepergian

Diakui Raffi lagi, saat tim diliburkan memang ada beberapa pemain Persib yang meninggalkan Kota Bandung, termasuk pelatih Robert Alberts.

"Sekembalinya di sana saya ragu, makannya dilakukan lagi pemeriksaan. Selain dalam rangka salah satu persyaratan untuk pemain yang mau pulang ke negaranya. Ternyata hasil pemeriksaan tanpa gejala apa-apa ditemukan satu pemain hasilnya positif," kata Raffi lagi.

Meski demikian, Raffi optimistis pemain Persib yang positif itu akan sembuh dengan sendirinya selama beberapa tahapan bisa dilewati dengan baik.

"Selama ini pemain juga sudah menjaga jarak dan tidak melakukan kontak fisik seperti salama, jaga jarak juga. Dia memang positif, tapi orang-orang yang dekat dia negatif," ungkap Raffi.

"Tapi tetap kami harus berhati-hati karena ini di dalam tim. Saya yakin semuanya sehat. Kami tetap harus melakukan isolasi mandiri, kami akan lihat 14 hari ke depan," tambah Raffi seraya mengakhiri.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓