Supardi Nasir, Benteng Kukuh Pertahanan Persib yang Tak Mau Kalah dengan Usia

Oleh Erwin Snaz pada 28 Mar 2020, 20:30 WIB
Diperbarui 28 Mar 2020, 20:30 WIB
Supardi Nasir, Persib Bandung

Bola.com, Bandung - Bek sayap Persib Bandung, Supardi Nasir Bujang, menjadi pemain tertua kedua di tubuh Maung Bandung setelah kiper I Made Wirawan. 

Pemain kelahiran Bangka Belitung, 9 April 1983 itu, kini berusia 36 tahun. Meski sudah seusia itu, sosok Supardi hingga saat ini tetap menjadi pemain yang diandalkan Persib Bandung.

Musim 2020 merupakan tahun ketujuh bagi Supardi memperkuat tim Maung Bandung. Ia mulai bergabung bersama Persib pada 2013. Satu tahun kemudian Supardi mampu membawa Persib menjadi jawara kompetisi Liga 1 2014. Bahkan juara Piala Presiden 2015.

Saat membawa Persib juara, eks pemain Sriwijaya FC ini bermain selama 2.580 menit dalam 28 kali tampil. Namun, pada 2016 ia kembali ke Sriwijaya FC. Selang satu musim kemudian, Supardi kembali memperkuat Persib hingga saat ini.

Kembalinya Supardi ke Persib karena dinilai kemampuannya sebagai bek sayap masih mumpuni. Terkadang pemain bernomor punggung 22 di Persib ini mampu menerobos ke sisi luar pertahanan lawan dan memberi umpan matang ke rekannya di lini depan.

Bahkan dari beberapa umpan silang yang diciptakannya berujung gol oleh rekannya yang sudah berada di depan gawang lawan. Pada 2019, pemain dengan tinggi 173 cm ini bermain selama 2.778 menit dalam 31 pertandingan untuk Persib Bandung.

2 dari 3 halaman

Kerja Keras dan Disiplin

Supardi Nasir
Bek Persib Bandung, Supardi Nasir, saat pertandingan melawan Arema FC pada laga persahabatan di Stadion GBLA, Bandung, Minggu (18/3/2018). Persib menang 2-1 atas Arema. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Tak heran pada musim 2020 Supardi tetap menjadi andalan Persib Bandung di bawah asuhan Robert Alberts, di mana dalam tiga laga Shopee Liga 1 2020 tetap menjadi starter dengan catatan waktu selama 269 menit dalam tiga pertandingan.

Kerja keras dan disiplin diakui Supardi menjadi kunci di setiap pertandingan saat diberi kepercayaan oleh tim pelatih. Tak hanya itu, pola hidup sehat lanjut menjadi kunci sehingga ia masih bisa berkarier di sepak bola hingga usia 36 tahun.

Ditanya sampai kapan akan berkarier, pemain yang dipercaya menjadi kapten tim ini berseloroh selama masih kuat dan dibutuhkan klub, ia tetap akan menjalani profesinya sebagai pesepak bola.

Sayang, Shopee Liga 1 2020 harus tertunda karena mewabahnya virus Corona. Bahkan PSSI telah mengumumkan jika Liga 1 musim ini kemungkinan dihentikan karena status force majeure.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓