10 Pencetak Gol Terbanyak di Liga Indonesia Sepanjang Sejarah

Oleh Gregah Nurikhsani pada 31 Mar 2020, 09:30 WIB
Diperbarui 31 Mar 2020, 09:30 WIB
Trivia - Top Scorer Liga Indonesia Sepanjang Masa

Bola.com, Jakarta - Sejak pertama kali digulirkan pada 1994, Liga Indonesia (Ligina) selalu menghadirkan penyerang haus gol. Ligina merupakan gabungan dari kompetisi Perserikatan dan Galatama.

Jauh sebelum ada nama-nama seperti Boaz Solossa atau Bambang Pamungkas misalnya, sudah ada Peri Sandria, penyerang Bandung Raya yang menjadi top scorer Ligina edisi 1994-1995. Ia mencetak 34 gol dalam semusim.

Selain itu, Peri Sandria juga masih memegang rekor yang belum dipecahkan oleh pemain lokal mana pun, yakni gol terbanyak dalam semusim.

Sylvano Comvalius mampu menjadi pencetak gol terbanyak dalam semusim, yakni 37 gol pada Liga 1 2017 silam. Namun, belum ada pemain lokal yang mampu menyamai catatan tersebut.

Setelah Peri dan Boaz, nyaris tak ada deretan striker lokal yang mendominasi tabel top scorer, kecuali Cristian Gonzales dan Alberto Goncalves yang berstatus pemain naturalisasi. Tercatat hanya Bambang Pamungkas dan Ilham Jayakesuma yang sempat menduduki pencetak gol terbanyak.

Beruntun, muncul nama-nama asing yang kerap kali menjadi top scorer Liga Indonesia, sebut saja Dejan Gluscevic, Jacksen F. Tiago, sampai Alain Mabenda.

Berikut ini Bola.com merangkum 10 pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Liga Indonesia yang dimulai sejak tahun 1994 hingga sekarang.

 

2 dari 3 halaman

Top Scorer

Cristian Gonzales
Cristian Gonzales saat membela PSIM melawan Persik Kediri (1/7/2019). (Bola.com/Vincentius Atmaja)
  • 249 gol - Cristian Gonzales (PSM Makassar, Persik Kediri, Persib Bandung, Persisam Puutra Samarinda, Arema, Madura United, PSS Sleman, PSIM Yogyakarta
  • 185 gol - Budi Sudarsono (Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, Deltras, Persik Kediri, Sriwijaya FC, Persib Bandung)
  • 178 gol - Bambang Pamungkas (Persija Jakarta)
  • 176 gol - Boaz Solossa (Persipura Jayapura)
  • 162 gol - Kurniawan Dwi Yulianto (Pelita Bakrie, PSM Makassar, PSPS Pekanbaru, Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, PSS Sleman, Persitara, Persisam Putra Samarinda, Persela Lamongan
  • 149 gol - Alberto Goncalves (Persijap Jepara, Persipura Jayapura, Arema, Sriwijaya FC, Madura United)
  • 133 gol - Aliyudin (Pelita KS, Persikota Tangerang, Persija Jakarta, Persib Bandung, Sriwijaya FC)
  • 117 gol - Hilton Moreira (Deltras Sidoarjo, Persib Bandung, Sriwijaya FC, Persipura Jayapura)
  • 111 gol - Ilham Jayakesuma (Persita Tangerang, Persisam Putra Samarinda, Mitra Kukar, Sriwijaya FC)
  • 110 gol - Julio Lopez (PSIS Semarang, PSM Makassar, Persiba Balikpapan, Persisam Putra Samarinda, Persijap Jepara, Persikabo Bogor)

 

Sumber: Katadata

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓