Sukses


Tips Eks Dokter Timnas Indonesia U-19 Agar Daya Tahan Meningkat di Tengah Merebaknya wabah Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Dokter Alfan Nur Asyhar membeber tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh di tengah merebaknya wabah Corona di seluruh penjuru dunia. Kepala Departemen Medis PSIS Semarang ini menyebut imunitas tubuh bisa terbantu dengan mengonsumsi vitamin C.

"Berdasar penelitian terbaru, konsumsi Vitamin C bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh ini membuat kita tak mudah terserang bakteri dan virus, termasuk virus Corona," kata Dokter Alfan, pada Bola.net (media satu grup dengan Bola.com).

"Dalam sehari cukup mengonsumsi Vitamin C sebanyak 500 miligram," sambungnya.

Menurut Dokter Alfan, dalam mengonsumsi Vitamin C ini pun tak boleh sembarangan. Konsumsi Vitamin C, sambung eks dokter Timnas Indonesia U-19 ini, harus dibarengi konsumsi air putih yang cukup.

"Konsumsi air putih ini penting agar kerja ginjal tak terlalu berat," kata Dokter Alfan.

Saat ini, pandemi corona kian merebak. Jumlah penderita yang terjangkit virus tersebut pun kian banyak.

Sampai saat berita ini ditulis, sudah ditemui 1414 kasus terkonfirmasi. Dari kasus-kasus tersebut, 1217 orang masih dalam perawatan, 122 orang meninggal dunia, dan 75 orang sembuh.

Video

2 dari 2 halaman

Disiplin Saat Keluar Rumah

Lebih lanjut, Dokter Alfan menyebut bahwa konsumsi Vitamin C bukan satu-satunya cara untuk menjaga daya tahan tubuh. Menurutnya, ada hal lain yang juga perlu dilakukan untuk menjaga imunitas.

"Paling tidak saat ini lebih baik tinggal di rumah dulu. Jika terpaksa keluar lebih baik gunakan masker. Jika harus memegang sesuatu lebih baik pakai sarung tangan, tapi jika tidak ada, harus segera mencuci tangan dengan sabun setelah memegang benda tersebut," papar Dokter Alfan.

"Yang juga tak bisa ditinggalkan, makanlah makanan yang bergizi. Kemudian istirahat cukup. Ini kuncinya," ia menandaskan.

 

Sumber asli: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Dendy Gandakusumah, Published 31/3/2020)

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer