Sukses


Pernah Bercita-cita Bermain di Real Madrid, Ilija Spasojevic Tak Menyangka Langgeng di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Sebagai pesepak bola Eropa, wajar bila memiliki cita-cita bermain di klub besar semisal Real Madrid. Hal itulah yang ternyata pernah ada dalam impian Ilija Spasojevic.

Memulai karier pesepak bola pada 2004, Ilija Spasojevic malang melintang di klub-klub Eropa. Mulai dari negaranya, Montenegro, hingga Yunani.

Pada 2011, Ilija Spasojevic mendarat di Indonesia untuk pertama kalinya. Pemain kelahiran 11 September 1987 bergabung dengan klub Liga Primer Indonesia, Bali Devata.

"Sebenarnya waktu kecil saya bercita-cita bermain untuk Real Madrid. Memang awalnya saya tidak berpikir bermain di Asia karena ingin bermain di Eropa," kata Spasojevic seperti dikutip situs resmi klub, Senin (13/4/2020).

"Akan tetapi akhirnya saya bermain di Asia. Saya pikir sepak bola di Asia lebih bagus dari yang saya pikirkan. Pada 2011 saya datang ke Indonesia dan bermain di Bali," ujar Spasojevic.

Setelah memperkuat Bali Devata, nama Spasojevic semakin tenar di Indonesia. Spaso kemudian bergabung dengan PSM Makassar, Mitra Kukar, Persisam Samarinda, dan Persib Bandung.

Pada 2016, Spasojevic sempat hijrah ke Malaysia dan bermain bersama Melaka United. Setelah satu musim, dia kembali ke Indonesia dan bergabung bersama Bhayangkara FC. Sejak 2018, Spaso melanjutkan petualangan sampai sekarang di Bali United dan mempersembahkan gelar Liga 1 2019.

"Saya berpikir pada saat itu saya akan berkarier lama di Indonesia. Saya pun mempelajari bahasa Indonesia saat itu. Akan tetapi, untuk beberapa tahun terakhir ini, saya mulai lancar dan lebih memahami bahasa Indonesia," kata Ilija Spasojevic.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Andalan Bali United

Sejak bergabung dengan Bali United, Ilija Spasojevic langsung mendapatkan tempat di tim inti. Sejauh ini, pemain berpostur 187 cm itu sudah tampil sebanyak 60 kali dan sukses mencetak 25 gol untuk klub berjulukan Serdadu Tridatu.

Usia yang baru menyentuh 32 tahun membuat Spasojevic diprediksi masih akan lama bermain untuk tim utama di Indonesia. Apalagi saat ini Spasojevic sudah menjadi Warga Negara Indonesia dan siap membela Timnas Indonesia jika tenaganya dibutuhkan.

Video Populer

Foto Populer