Sukses


Liga Belarusia Masih Bergulir, Pelatih Persikabo Ikut Berkomentar

Bola.com, Jakarta - Liga-liga domestik di berbagai belahan dunia, termasuk Premier League, Serie A hingga Shopee Liga 1 2020 terpaksa berhenti karena pandemi virus corona. Namun, Liga Belarusia masih tetap bergulir sampai sekarang meskipun jumlah penonton yang datang ke stadion makin berkurang.  

Pelatih Persikabo asal Belarusia, Igor Kriushenko, mengomentari fenomena di negaranya tersebut. Menurut pria yang pernah menukangi Timnas Belarusia itu, keputusan federasi negaranya menjalankan kompetisi di tengah wabah virus corona sudah melalui beberapa tahapan pertimbangan sehingga kompetisi bisa berjalan dengan baik.

Bukan hanya kompetisi reguler, federasi sepakbola Belarusia juga tetap menggelar Belarusia Cup yang memasuki babak semifinal.

Igor menyatakan liga di negaranya sudah mendapatkan izin dari pemerintah dengan catatan semua yang terlibat dalam liga tetap waspada akan kemungkinan tertular virus corona.

"Belarusia masih terbuka, kami bahkan memiliki kejuaraan sepak bola, tetapi pemerintah menyerukan semua tindakan pencegahan dan perilaku yang masuk akal," kata Igor Kriushenko kepada Bola.com, Selasa (14/20/2020).

Igor berharap kompetisi di negaranya yang diikuti 16 klub bisa berjalan dengan baik. Namun, ia menyadari jika keselamatan dan kesehatan setiap orang lebih penting daripada apa pun.

"Seluruh dunia melihat Liga Belarusia. Di sisi lain, saya berharap ini adalah keputusan yang seimbang, karena masalah ini menyangkut kehidupan dan kesehatan orang banyak," imbuh pelatih Persikabo itu.  

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Pakai Manekin

Liga Belarusia barangkali menjadi satu-satunya liga di Eropa yang tetap berlangsung. Namun, penonton tetap takut datang langsung ke stadion untuk menyaksikan pertandingan. Warga Belarusia tak bisa mengabaikan wabah virus corona begitu saja demi menyaksikan laga sepak bola. 

Untuk mengatasi kendala karena virus corona itu, klub Dynamo Brest punya cara unik. Mereka mengisi bangku-bangku stadion dengan manekin dan gambar suporter.

Seperti dilansir The Sun, Sabtu (11/4/2020), suporter di Belarusia akhirnya menyadari risiko virus corona. Alhasil, ada lebih sedikit suporter yang kini datang langsung ke stadion.

Beberapa klub termasuk Brest mengakali hal itu dengan mengajak fans menyaksikan pertandingan lewat internet. Sebagai gantinya, mereka akan mencetak wajah fans itu dan menaruhnya pada manekin yang ditempatkan di bangku stadion.

Brest merias manekin tersebut dengan jersey kub-klub lain. Tidak tanggung-tanggung, mereka memakaikan jersey klub-klub besar Eropa seperti Manchester United, Real Madrid, dan AC Milan.

Tindakan kreatif Brest itu sudah diuji dalam pertandingan di Liga Belarusia melawan Shakhtyor Soligorsk, Rabu (8/4/2020) waktu setempat. Dalam pertandingan itu mereka menang 2-0.

Video Populer

Foto Populer