Sukses


Parade Bek Kiri Terbaik di Shopee Liga 1 2020

Bola.com, Jakarta - Talenta bakat pemain terbaik yang dimiliki Indonesia tidak pernah habis. Contohnya adalah posisi bek sayap yang saat ini melimpah di Shopee Liga 1 2020.

Pada era sepak bola modern, banyak klub memainkan skema permainan 4-3-3. Hal inilah yang membuat tuntutan kebutuhan akan posisi bek sayap sangat tinggi.

Seorang bek sayap biasanya memiliki peran penting di lini belakang. Tak sekadar untuk mencegah lawan dari sektor kiri dan kanan, mereka juga dituntut untuk memiliki kemampuan mendukung build up serangan.

Kemampuan inilah yang membuat bek sayap dituntut bisa mengimbangi kecepatan para gelandang. Namun, seorang bek sayap juga harus dengan sigap kembali ke posisinya jika lawan melakukan serangan balik.

Selain tugas itu, tidak jarang bek sayap juga bisa diandalkan dalam memberikan umpan-umpan silang. Bahkan, ada juga bek sayap yang kerap mampu mencetak gol.

Kali ini Bola.com mencoba untuk membahas bek sayap terbaik yang ada di Indonesia, khususnya yang bermain di sektor kiri. Lantas, siapa saja bek sayap kiri yang ada di Shopee Liga 1 2020?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

Rezaldi Hehanusa

Rezaldi Hehanusa merupakan bek kiri terbaik yang ada saat ini dan masa depan di Timnas Indonesia. Rezaldi secara permain merupakan tipikal bek kiri modern yang sering membantu penyerangan, menyumbang assist, hingga mencetak gol.

Satu gol fenomenal yang dicetak Rezaldi terjadi di Piala AFC 2018. Ketika itu, pemain berusia 24 tahun melepaskan tendangan dari jarak jauh yang gagal diantisipasi kiper Tampines Rovers, Syazwan Buhari.

Sejak memperkuat Persija pada 2016, Rezaldi sudah tampil sebanyak 65 kali dan mencetak empat gol. Pada Shopee Liga 1 2020, Rezaldi mendapatkan kepercayaan penuh pelatih Sergio Farias dan sudah dua kali dimainkan.

3 dari 6 halaman

Ricky Fajrin

Ricky Fajrin berhasil mencuri perhatian sejak dipercaya memperkuat Bali United pada 2014. Pemain berusia 24 tahun itu sering mendapatkan kepercayaan bermain di skuat utama klub berjulukan Serdadu Tridatu itu.

Ricky Fajrin dikenal sebagai pemain yang andal dalam memanjakan para gelandang dengan umpan-umpan terobosannya. Selain itu, Ricky Fajrin juga sering berjibaku di lini belakang melalui tekel-tekelnya.

Ricky Fajrin merupakan tipikal bek multifungsi. Pemain asal Semarang itu bisa bermain di bek kiri, kanan, dan tengah. Hal itu akan tergantung dari skema permainan yang diterapkan pelatih.

Sejauh ini, Ricky Fajrin sudah tampil sebanyak 99 kali dan mencetak tiga gol di Bali United. Ricky Fajrin menjadi pilihan utama pelatih Stefano Cugurra Teco musim ini di Bali United.

4 dari 6 halaman

Firza Andika

Usianya baru 20 tahun. Namun, Firza Andika sudah mampu tampil gemilang baik bersama Timnas Indonesia maupun level klub.

Firza Andika dikenal sebagai pemain yang pantang menyerah. Pemain asal Medan itu tanpa ampun akan melakukan segala hal untuk menjaga daerah pertahanannya.

Firza juga sering membantu serangan khususnya di sektor sayap kiri. Berkat penampilan apiknya, Firza sempat direkrut klub Belgia, AFC Tubize. Saat ini, Firza sedang dipinjamkan ke PSM Makassar untuk bermain di bawah asuhan Bojan Hodak.

5 dari 6 halaman

Ardi Idrus

Ardi Idrus awalnya sempat dipandang sebelah mata ketika bergabung dengan Persib Bandung pada 2018. Maklum, sebelum bergabung dengan Persib, pemain asal Ternate itu belum pernah memperkuat klub elite Indonesia.

Namun, Ardi Idrus berhasil menjawab keraguan itu dengan penampilan apik. Pemain berusia 27 tahun itu memiliki kecepatan dan tekel-tekel bersih yang kerap dilakukannya.

Ardi Idrus juga menjadi pemain yang paling konsisten dalam dua musim terakhir di Persib. Sejauh ini, Ardi Idrus sudah tampil sebanyak 63 kali bersama klub berjulukan Maung Bandung itu.

6 dari 6 halaman

Abduh Lestaluhu

Nama Abduh Lestaluhu sudah tak asing di Indonesia. Abduh bahkan sempat dipercaya tampil di Timnas Indonesia pada Piala AFF 2016 di bawah asuhan pelatih Alfred Riedl.

Abduh Lestaluhu kini menjadi pilihan utama di barisan pertahanan Tira Persikabo. Sejak 2016, pemain berusia 26 tahun itu sudah tampil sebanyak 97 kali untuk klub berjulukan Laskar Padjadjaran itu.

Abduh merupakan tipikal bek yang sering ikut membangun serangan dari lini belakang. Pemain berpostur 171 itu kerap melakukan umpan-umpan terobosan yang dimanfaatkan para penyerang Tira Persikabo.

Video Populer

Foto Populer