Sukses


FIFA Sebut Laga Internasional Kemungkinan Takkan Digelar Sampai 2021, Timnas Indonesia Ikut Kena Efek?

Jakarta - Wakil Presiden FIFA, Victor Montagliani, mengatakan sebagian besar kegiatan sepak bola internasional kemungkinan tidak akan dimainkan sampai 2021. Ini karena adanya pembatasan perjalanan akibat pandemi virus corona Covid-19 dan perlunya memberi kesempatan bagi kompetisi domestik melanjutkan agendanya.

Victor Montagliani, asal Kanada, yang merupakan presiden badan pemerintahan untuk Amerika Utara dan Tengah dan Karibia, telah memimpin kelompok kerja FIFA. Ia bertugas merumuskan rencana untuk menangani implikasi olahraga terbesar dunia yang sebagian besar ditutup sejak bulan lalu.

FIFA telah membatalkan pertandingan antara negara-negara yang akan dimainkan pada bulan Maret dan Juni. Montagliani, yang juga presiden Concacaf, percaya pertandingan tim nasional pada September, Oktober dan November, bisa dihentikan.

"Saya pribadi berpikir itu mungkin sedikit tantangan, bukan hanya karena masalah kesehatan di seluruh dunia dan berbagai tingkat kesiapan, tetapi juga berkomitmen untuk perjalanan internasional segera setelah kami kembali," kata Montagliani dalam sebuah wawancara dengan The Associated Press.

"Saya pikir sepak bola domestik adalah prioritas. September masih ada di buku-buku, tetapi saya akan mengumpulkan untuk mengatakan bahwa saya tidak yakin itu ada di tanah yang solid seperti yang sedang tren sekarang ini," kata petinggi FIFA itu.

Video

2 dari 2 halaman

Tergantung Vaksin

Soal kembalinya penggemar ke stadion yang penuh sesak, menurutnya, mungkin itu tergantung pada vaksin untuk penyakit Covid-19 yang siap, dan itu mungkin tidak sampai 2021.

"Jika kita mendapatkan lampu hijau untuk memainkan pertandingan sepak bola. Saya sangat meragukan bahwa pertandingan sepak bola pertama akan dengan para penggemar. Saya tidak bisa melihat itu. Saya pikir itu akan mengambil risiko besar," katanya dalam sebuah video. wawancara dari Vancouver, British Columbia.

Dia mengakui, harus ada adaptasi lagi untuk bisa memastikan penonton benar-benar merasa aman ketika menonton di stadion. Termasuk ketika laga domestik di berbagai dunia sudah mulai digelar.

"Saya cukup yakin fase tersebut bisa jadi pendekatan. Sama seperti masyarakat yang mencoba untuk kembali ke kehidupan normalnya," kata Montagliani.

JIka benar FIFA berketetapan seperti itu, amat mungkin jadwal pertandingan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 bakal ikutan bergeser. AFC awalnya merancang jadwal baru lanjutan kualifikasi pada bulan Maret yang tertunda berubah ke Oktober-Maret.

Jadwal Timnas Indonesia

8 Oktober 2020

  • Thailand Vs Timnas Indonesia

13 Oktober 2020

  • Timnas Indonesia Vs Uni Emirat Arab

12 November 2020

  • Vietnam Vs Timnas Indonesia

 

Sumber asli: AP

Disadur dari: Liputan6.com (Achmad Yani/Bogi Triyadi, Published 14/4/2020)

 

Video Populer

Foto Populer