Kiat Bek Sayap Persib Agar Bisnis Tetap Berjalan di Tengah Pandemi COVID-19

Oleh Erwin Snaz pada 19 Apr 2020, 07:00 WIB
Diperbarui 19 Apr 2020, 07:00 WIB
Zalnando
Zalnando jadi pemain baru Persib mulai musim 2019. (Bola.com/Erwin Snaz)

Bola.com, Bandung - Bek sayap Persib Bandung, Zalnando tetap bisa menjalankan usahanya di tengah wabah virus corona. Berjualan secara online menjadi cara jitu Zalnando agar usahanya tetap berjalan.

"Saya punya Kedai Kopi sejak tahun 2017, sekarang tutup dulu karena wabah corona tapi pemesanan masih diterima lewat ojek online," jelas Zalnando, Sabtu (18/4/2020) di Cimahi, Jawa Barat.

Sebelum adanya wabah corona, Kedai miliknya itu kerap menjadi tempat nonton bareng pertandingan sepak bola, terutama saat Persib sedang bertanding.

Selain membuka Kedai, Zalnando mengaku akhir-akhir ini juga jualan rendang secara online. Rencananya, jika wabah corona sudah tidak ada lagi, ia akan membuka secara offline.

"Bisnis rendang ini memang baru berjalan dan jualannya via online. Insya Allah mau via offline juga semacam food truck, tapi belum 100 persen apalagi ada wabah, jadi masih ditahan dulu," jelas Zalnando.

Zalnando mengatakan, berbisnis menjadi kesibukannya sehari-hari, selain olahraga rutin saat Persib Bandung menonaktifkan latihan.

2 dari 3 halaman

Baca Buku dan Nonton Serial

Persib Bandung vs Arema
Bek sayap Persib, Zalnando mengawal pemain Arema, Ridwan Tawainella, di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang (12/11/2019). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Zalnando juga membaca buku dan menonton serial untuk mengisi waktu. Ia membaca buku tentang bisnis untuk memperdalam ilmu.

"Selain bisnis dan latihan, saya biasanya baca buku atau nonton Netflix untuk mengusir rasa jenuh," kata Zalnando.

"Berdagang itu sunah. Selagi halal, Insya Allah berkah. Jadi untuk saat ini saya paling favorit baca buku tentang bisnis, tentang pemasaran, dan terus belajar (bisnis)," kata eks pemain Sriwijaya FC ini.

Pada kesempatan itu, pemain kelahiran Bandung, 25 Desember 1996 ini berharap, wabah virus corona cepat berlalu karena sangat menghambat segala aktivitas masyarakat.

"Semoga masalah ini cepat terselesaikan karena kami juga ingin beraktivitas kembali. Jadi saat ini ikuti dulu apa yang dianjurkan pemerintah. Jadi harus mendukung stay at home," ucap pemain yang gabung Persib Bandung pada 2019 ini.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓