Sukses


Saat Kiper Arema Menjalani Latihan Bersama Pelatih Bhayangkara FC

Bola.com, Bojonegoro - Terhentinya kompetisi di Indonesia akibat pandemi virus corona membuat semua pemain harus berlatih di rumah masing-masing. Namun tidak sedikit juga yang menjadikan momen ini untuk reuni. Seperti yang dilakukan kiper muda Arema FC, Andriyas Francisco.

Pemain berusia 19 tahun asal Mojokerto itu berlatih dengan satu di antara pelatih pertamanya pada Sabtu (18/4/2020). Andriyas menjalani latihan bersama pelatih kiper Bhayangkara FC, Alan Haviluddin.

"Kemarin saya latihan fitness dan di lapangan dengan coach Alan. Dulu saya ikut SSB beliau waktu masih usia 14 tahun,” kata Ciko, sapaan akrabnya.

Kemarin, dia dihubungi oleh Alan untuk ikut latihan. Tanpa berfikir panjang, Ciko langsung mengiyakan. Meskipun jarak rumah keduanya kurang lebih dua setengah jam. Ciko tinggal di Mojokerto, sedangkan Alan di Bojonegoro.

Sesi latihan Ciko bersama Alan kemarin layaknya program privat. Alan punya tempat fitness sendiri, sehingga mereka hanya berdua latihan gym pada pagi hari. Sementara itu sorenya, latihan di lapangan yang juga sepi.

Jadi, sesi latihan mereka tidak mengundang banyak orang karena saat ini tengah menjalani anjuran dari pemerintah untuk fisical distancing, demi terhindar dari pandemi virus corona. Selama latihan, Alan mengenakan seragam Bhayangkara FC, adapun Ciko dengan jersey latihan Arema.

"Coach Alan punya tempat fitness sendiri. Pagi saya latihan fitness, lalu sorenya saya latihan di lapangan tempat saya latian SSB dulu. Senang bisa dilatih beliau lagi. Dapat ilmu baru sekaligus mengasah feeling ball," jelas Ciko.

Sudah satu bulan lebih dia tidak latihan bersama pelatih Arema FC. Begitu juga bagi Alan yang sudah tidak melatih sebulan.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

2 dari 3 halaman

Sudah Kenal Sejak Lama

Ciko dan Alan sudah saling mengenal sejak enam tahun lalu. Akan tetapi, keduanya belum pernah membela klub profesional yang sama.

Alan pernah menjabat sebagai pelatih kiper Arema FC musim 2014-2015. Waktu itu dia merekomendasikan Ciko, tetapi bukan langsung ke tim senior, melainkan ke akademi Arema lebih dulu.

Setelah Alan ke Madura United, Persipura dan kini ke Bhayangkara, Ciko baru naik pangkat ke tim senior Arema sejak musim lalu.

"Tetapi saya sering bertanya tentang perkembangan Ciko. Semoga dia tidak cepat puas dan selalu belajar jadi kiper yang bagus setiap waktu," kata Alan.

3 dari 3 halaman

Diperbantukan ke Arema U-19

Bersama Arema FC, Ciko memang belum dapat kesempatan main di kompetisi resmi. Dia masih diperbantukan ke Arema U-19. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan dia dapat kesempatan di level senior.

Pelatih kiper Arema musim ini Felipe Americo mengakui jika Ciko merupakan salah satu kiper berbakat. Meski secara postur tak terlalu tinggi, namun hal itu bisa ditutupinya denga refleks yang cepat.

Panggilan seleksi ke Timnas Indonesia U-19 juga sempat didapatkannya. Meskipun akhirnya dia dipulangkan lagi.

Video Populer

Foto Populer