Ketua PSSI Tunjuk Yunus Nusi Sebagai Plt Sekjen

Oleh Harley.Ikhsan pada 20 Apr 2020, 12:24 WIB
Diperbarui 20 Apr 2020, 12:25 WIB
Kantor PSSI
Yunus Nusi menjabat Plt Sekjen PSSI. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Jakarta - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Yunus Nusi, resmi ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Sekjen PSSI. Yunus menggantikan peran Ratu Tisha Destria yang mengundurkan diri pada 13 April.

"Kami memilih Pak Yunus Nusi sebagai pelaksana tugas Sekjen mulai hari Senin 20 April. Seluruh Exco PSSI sudah menyetujui penunjukkannya," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dikutip situs resmi federasi.

"Kami rasa dengan pengalaman di sepak bola, organisasi dan kemampuannya sangat pantas kami memilih pak Yunus Nusi sebagai Plt Sekjen. Dia akan menjadi Plt Sekjen hingga terpilihnya Sekjen yang definitif nantinya," tambahnya.

Menjadi anggota Exco PSSI sejak 2016, Yunus Nusi juga berstatus Ketua Asprov PSSI Kalimantan Timur (Kaltim) per 2013. Pria kelahiran Gorontalo, 30 Januari 1970 ini juga pernah menjadi Direktur Bisnis Persisam Samarinda dari 2009 hingga 2014.

Pada bidang olah raga lainnya, Yunus Nusi juga pernah menjadi Sekretaris Umum Taekwondo Indonesia Kaltim periode 2001-2009, lalu pengurus KONI Kaltim periode 2006-2014, dan Sekretaris Bidang Pertandingan PB PON Kaltim 2008.

2 dari 4 halaman

Ratu Tisha Mundur

Kongres PSSI, PSSI, Bola.com, Ratu Tisha, Kongres Tahunan PSSI
Ratu Tisha. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Pekan lalu Ratu Tisha Destria mengonfirmasi pengunduran diri dari jabatannya sebagai Sekjen PSSI melalui akun Instagram miliknya.

"Hari ini, Senin 13 April 2020, melalui surat, saya telah resmi mengundurkan diri dari posisi Sekretaris Jenderal PSSI," kata Ratu Tisha Destria.

Dia mengaku bersyukur pernah terlibat dalam urusan kesekjenan di PSSI. Selain itu, Ratu Tisha juga puas dan bahagia bisa melakukan sejumlah terobosan dalam membantu kemajuan sepak bola Indonesia.

"Saya bersyukur pernah meraih kesempatan bekerja untuk melayani Anggota PSSI, pemain, pelatih, wasit, match commissioner, instruktur, dan para pecinta sepakbola sejak 17 Juli 2017," ujar Ratu Tisha.

3 dari 4 halaman

Prestasi Ratu Tisha

Ratu Tisha menduduki jabatan Sekretaris Jenderal PSSI sejak tahun 2017. Dia merupakan sekjen perempuan pertama PSSI sepanjang sejarah.

Sosok 35 tahun itu memainkan peran penting dalam terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Harley Ikhsan/Editor: Edu Krisnadefa/Published: 20/04/2020)

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 1), Cerita Hidung Berdarah karena Romelu Lukaku