Sukses


PSSI Janji Kucuran Dana Rp7,7 Miliar dari FIFA Bakal Dipakai Tepat Sasaran

Bola.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengaku siap mengoptimalkan bantuan dana dari FIFA di tengah pandemi virus corona. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu berjanji akan memanfaatkan dana tersebut secara tepat sasaran dan transparan.

PSSI kabarnya bakal mendapatkan kucuran dana sebesar 500 ribu dolar AS (Rp7,7 miliar) dari FIFA. Dana itu diberikan FIFA sebagai bentuk bantuan kepada federasi-federasi di dunia yang terdampak pandemi virus corona.

Adanya bantuan ini diharapkan bisa meringankan beban ekonomi dari federasi-federasi yang negaranya terdampak pandemi virus corona. Bantuan yang berasal dari program FIFA Forward yakni program bantuan dana yang FIFA diberikan kepada seluruh anggota asosiasinya untuk biaya operasional dan proyek khusus yang diajukan setiap tahunnya.

PSSI dalam dua tahun terakhir memaksimalkan program FIFA Forward untuk pengembangan pelatih, wasit dan pemain muda. Namun, untuk bantuan tahun ini juga akan dialokasikan untuk kelanjutan organisasi PSSI yang terdampak pandemi virus corona.

''Sebagai anggota asosiasi, PSSI pun memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada FIFA yang konsisten membantu dalam mengembangkan sepak bola di Indonesia," kata Mochamad Iriawan seperti dikutip situs resmi PSSI, Senin (27/4/2020).

"Bantuan yang diberikan nantinya akan dipergunakan secara tepat sasaran dan transparan untuk pelaksanaan program serta kelanjutan organisasi PSSI di tengah dampak pandemi COVID-19,'' tegas Mochamad Iriawan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Harus Dipertanggungjawabkan

Dana bantuan kabarnya bakal dikirim dalam beberapa hari kedepan. FIFA menyatakan dana bantuan tersebut akan ditransfer langsung ke rekening masing-masing negara anggota, termasuk PSSI

Presiden FIFA menyatakan negara anggota, dalam hal ini, asosiasi sepak bola di masing-masing negara harus membuat laporan pertanggungjawaban dari penggunaan dana tersebut. Hal ini dilakukan agar dana bantuan tepat sasaran.

“Penggunaan dan pertanggungjawaban dana tersebut mengacu pada peraturan FIFA Forward 2.0. Setiap asosiasi harus membuat laporan soal pemanfaatan dana yang juga akan diaudit tersebut,” tulis FIFA dalam rilisnya.

Video Populer

Foto Populer