Sukses


Parade Raja Assist Liga 1 Saat Momen Ramadhan

Bola.com, Jakarta - Jika pandemi virus corona tak melanda Indonesia, Shopee Liga 1 2020 dipastikan akan tetap bermain saat Ramadhan. Ternyata, ada pemain yang memiliki ciri khas pada momen tersebut, yakni rajin memberikan assist ketika bertanding selama bulan suci tersebut.

Sejak Liga Indonesia menggunakan format Liga 1, kompetisi tetap bergulir saat Ramadhan. Pada periode 2017-2019, terdapat dua pekan pertandingan yang akan dimainkan masing-masing tim ketika Ramadhan.

Selama Ramadhan, pertandingan tak digelar sesuai jadwal biasa. PT Liga Indonesia Baru (LIB) memundurkan jadwal kickoff menjadi pukul 20.30 WIB.

Perubahan jadwal itu juga berdampak pada pola latihan para pemain. Biasanya, klub-klub memberikan kelonggaran waktu latihan menjadi malam hari untuk pemain yang melakukan ibadah puasa.

Pertandingan sepak bola Indonesia saat Ramadhan tetap mampu mencuri perhatian masyarakat. Pertandingan-pertandingan tersebut tentu saja menambah semarak dan kemeriahan bulan Ramadhan.

Bola.com mencoba mengerucutkan lima pemain yang rajin memberikan assist pada pertandingan saat momen Ramadhan di Indonesia. Berikut ini lima pemain dengan jumlah assist terbanyak saat Ramadhan versi Labbola.

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

Slamet Nurcahyo

Gelandang Madura United, Slamet Nurcahyo mencetak empat assist sepanjang bermain saat Ramadhan. Semua assist yang diberikan Slamet terjadi ketika membela Madura United.

Rinciannya adalah Slamet menyumbang empat assist pada Ramadhan 2017. Dalam dua edisi terakhir Ramadhan, Slamet Nurcahyo tak memberikan assist.

Hal itu pun akan berlanjut pada Ramadhan 2020. Hal itu terjadi karena pandemi virus corona yang sedang menjangkit di Indonesia sehingga kompetisi Shopee Liga 1 2020 ditangguhkan.

3 dari 6 halaman

Ghozali Siregar

Serupa dengan Slamet Nurcahyo, Ghozali Siregar juga mencetak empat assist sepanjang bermain saat Ramadhan. Jumlah itu dikumpulkan Ghozali Siregar bersama PSM Makassar dan Persib Bandung.

Rinciannya adalah, satu assist bersama PSM Makassar pada Ramadhan 2017. Kemudian tiga assist lainnya dicetak Ghozali Siregar bersama Persib Bandung pada Ramadhan 2018 dan 2019.

Ghozali Siregar dipastikan tidak akan bisa mencetak assist pada Ramadhan 2020. Hal itu terjadi karena kompetisi Shopee Liga 2020 dihentikan karena pandemi virus corona yang melanda Indonesia.

4 dari 6 halaman

Wawan Febrianto

Wawan Febrianto juga menyumbang empat assist selama bermain saat Ramadhan. Semua assist yang diberikan Wawan terjadi bersama Tira Persikabo.

Rinciannya adalah, tiga assist pada 2017 dan 1 assist pada Ramadhan 2019. Wawan Febrianto saat ini masih bermain untuk Tira Persikabo.

Namun, Wawan Febriatno bakal gagal melanjutkan tradisi mencetak assist pada bulan Ramadhan. Shopee Liga 1 2020 dihentikan sementara karena pandemi virus corona.

5 dari 6 halaman

Rizky Pora

Rizky Pora juga menjadi pemain yang rajin memberikan assist saat Ramadhan. Sepanjang laga Liga 1 yang digelar pada Ramadhan, Rizky Pora sudah mencetak empat assist.

Semuanya itu dilakukan Rizky Pora bersama Barito Putera. Rinciannya adalah 1 assist pada 2017, dua assist pada 2018, dan 1 assist pada 2019.

Tahun ini, Rizky Pora dipastikan tak bisa mencetak assist ketika Ramadhan. Hal itu terjadi karena kompetisi Shopee Liga 1 2020 dihentikan sementara karena pandemi virus corona.

6 dari 6 halaman

Makan Konate

Makan Konate mendapatkan predikat pemain yang paling banyak mencetak assist di Liga 1 saat Ramadhan. Pemain asal Mali itu tercatat menyumbang lima assist bersama Sriwijaya FC dan Arema FC.

Rinciannya adalah Makan Konate menyumbang empat assist di Sriwijaya FC pada Ramadhan 2018 dan sebiji assist bersama Arema FC pada Ramadhan 2019. Adapun musim ini, Makan Konate dipastikan tak bisa menambah koleksi assist.

Shopee Liga 1 2020 dihentikan sementara karena pandemi virus corona. Hal itu membuat tak ada pertandingan pada bulan Ramadhan 2020.

Video Populer

Foto Populer