Sukses


Yustinus Pae: Nyaris Bermain di Persib karena Ditolak Persipura dan Rahasia Awet Muda dengan Papeda

Bola.com, Jakarta - Bek kanan Persipura Jayapura, Yustinus Pae buka kartu bahwa dirinya sempat hampir bergabung ke Persib Bandung beberapa tahun silam.

Rahasia soal itu diungkapkan Yustinus Pae dalam program "Ko Tanya Sa Jawab" yang diunggah oleh kanal YouTube Persipura baru-baru ini.

Pemain yang akrab disapa Tipa ini mengaku awal keinginannya bergabung dengan Persib adalah saat ia dikirim sekolahnya untuk mengikuti program pendidikan ke Cianjur. Waktu itu ia masih duduk di bangku SMK.

Selama 9 bulan di Cianjur Yustinus Pae mengaku ia sering bermain sepak bola bersama orang lokal.

Ketika itu skill bermain bolanya dipuji. "Mereka bilang, 'bagus permainan kamu, tinggal di sini saja nanti bisa masuk Persib.' Saya mendengarnya langsung senang sekali," tutur Yustinus Pae.

Blak-blakan, pemain berusia 36 tahun ini mengaku sempat tergoda, karena merasa sulit untuk bisa bergabung tim kampung halamannya Persipura. "Saya berulangkali tak dilirik saat menjalani seleksi," katanya.

Apalagi bek sayap bernomor punggung 21 ini bahkan berencana kuliah di Institut Pertanian Bogor yang juga berada di Jawa Barat.

"Namun saya disuruh pulang, disuruh kuliah di Papua oleh orang tua. Ternyata, saya justru dapat rezeki akhirnya bisa bermain di Persipura beberapa tahun kemudian," katanya.

Yustinus Pae mengawali kariernya di tim senior Persipura pada musim 2008-2009. Adalah pelatih, Jacksen F. Tiago yang melihat bakatnya. "Ia agak telat memulai karier profesional. Kalau saja sejak usia muda ia sudah mentas, kariernya bakal lebih melesat dibanding saat ini," tutur Jacksen dalam suatu kesempatan.

Video

2 dari 2 halaman

Belum Berniat Pensiun

Walau telat bergabung, nyatanya ia bisa berkarier panjang di Tim Mutiara Hitam. Yustinus Pae mengungkapkan rahasia kebugarannya.

"Tak ada yang khusus. Saya cuma rutin minum air putih hangat dan melakukan latihan tambahan di luar latihan bersama tim," ungkapnya

Tak hanya itu, saudara kandung Victor Pae ini mengaku selalu mengkonsumsi makanan yang bernutrisi.

"Makan papeda (makanan khas Papua berbahan dasar sagu) dan ikan laut, itu bagus untuk kesehatan," imbuh pemain yang sampai saat ini belum berfikir buat pensiun.

 

Video Populer

Foto Populer