Bek Muda Persib Petik Hikmah dari Pandemi Virus Corona Selama Ramadhan

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 02 Mei 2020, 23:15 WIB
Diperbarui 02 Mei 2020, 23:15 WIB
Persib Bandung vs Arema
Bek sayap Persib, Zalnando mengawal pemain Arema, Ridwan Tawainella, di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang (12/11/2019). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Bola.com, Bandung - Bek muda Persib Bandung, Zalnando, mengaku ada perbedaan mencolok yang dirasakannya pada Ramadhan tahun ini. Menurut dia, pandemi virus corona membuat aktivitas di luar ruang semisal beribadah semakin terbatasi.

Pandemi virus corona membuat Pemerintah Daerah banyak yang mengambil keputusan untuk melakukan Penerapan pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Tak terkecuali dengan di Bandung Raya yang menjadi wilayah domisili dari Zalnando.

Meskipun tidak bisa beribadah salat tarawih di Mesjid, namun Zalnando mencoba mengambil hikmah atas musibah ini. Yang terpenting baginya adalah tetap diberi kesehatan.

"Suasana Ramadhan tahun ini berbeda menurut saya. Pastinya karena pandemi ini. Jadi, lebih sulit beraktivitas di luar ruangan. Tak ada kegiatan tarawih dan semuanya dilakukan di rumah. Akan tetapi, tidak apa-apa yang penting tetap dijaga kesehatan oleh Allah SWT," kata Zalnando di akun Youtube Persib.

Zalnando menambahkan, pandemi virus corona tak mengganggu ibadah puasa yang dijalaninya. Mantan pemain Sriwijaya FC itu berharap bisa menuntaskan ibadah puasanya selama sebulan penuh.

"Alhamdulillah, puasa tahun ini belum pernah bocor. Doakan saja semuanya bisa lancar dan tetap menjaga kesehatan," tegas pemain 23 tahun itu.

Zalnando dan pemain Persib Bandung lainnya saat ini masih diliburkan oleh manajemen. Hal itu terjadi karena kompetisi Shopee Liga 1 2020 dihentikan sampai pengujung Mei oleh PSSI.

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berlatih Menunggu Berbuka

Zalnando
Zalnando jadi pemain baru Persib mulai musim 2019. (Bola.com/Erwin Snaz)

Adanya PSBB yang ditetapkan Pemerindah Daerah membuat Zalnando tak bisa menunggu waktu berbuka dengan ngabuburit di luar. Zalnando mengaku mengalihkan kegiatan tersebut dengan berlatih sesuai instruksi pelatih Persib Bandung di rumah sembari menunggu berbuka.

"Kegiatan yang saya lakukan ketika ngabuburit di rumah biasanya latihan. Contohnya dengan skipping untuk menunggu waktu berbuka. Jadi setelah selesai latihan langung berbuka dan itu menyenangkan." tegas Zalnando.

Sampai saat ini Zalnando belum memainkan satu laga pun buat Persib Bandung. Adapun secara keseluruhan, Zalnando juga mengemas tujuh pertandingan sejak bergabung dengan Persib pada 2019.

Sumber: Youtube Persib

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓