Sukses


Daftar Pemain Lokal yang Loyal di Klub Liga 1

Bola.com, Jakarta - Bertahan lama untuk bermain pada sebuah klub adalah perkara yang tak mudah buat pemain sepak bola. Selain harus mengesampingkan godaan uang, pemain harus sabar ketika lebih sering duduk di bangku cadangan ketimbang bermain.

Kalau berkaca pada pemain sepak bola Eropa, fenomena pemain hanya membela 1 klub sepanjang kariernya tentu melimpah. Contohnya adalah Francesco Totti bersama AS Roma, Paolo Maldini di AC Milan, hingga Carles Puyol yang setia sama Barcelona hingga akhir kariernya.

Meski demikian, masih ada pemain yang memiliki sikap setia pada klub sepak bola di Indonesia. Entah faktor apa yang melatarbelakangi mereka untuk tetap mengabdi pada satu klub.

Pastinya, hal itu dilakukan semata-mata karena kecintaannya pada klub tersebut. Meskipun cinta terkadang buta, namun kenyataannya mereka bermain bukan hanya sekadar mencari penghasilan, melainkan bermain dengan hati.

Hal itulah yang membuat mereka memiliki karier yang panjang pasa satu klub. Bahkan, pada akhir masa senja nanti mereka memiliki keinginan untuk pensiun dan gantung sepatu bersama klub kebanggaannya.

Bola.com mengumpulkan nama-nama pemain yang telah lama membela satu klub. Meskipun ada beberapa nama yang tak hanya bermain untuk 1 klub saja sepanjang kariernya.

Lantas, siapa saja pemain lokal yang paling loyal di sepak bola Indonesia saat ini? Berikut ini lima pemain yang mencatatkan karier panjang untuk 1 klub di Indonesia.

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

Ramdani Lestaluhu

Ramdani Lestaluhu sudah berseragam Persija Jakarta pada 2007. Namun, pada 2012 pemain asal Tulehu itu sempat hengkang ke Sriwijaya FC.

Pada 2014, Ramdani kembali bergabung dengan Persija. Sejak saat itu, Ramdani sudah tampil sebanyak 120 kali untuk Persija atau secara keseluruhan bermain 169 kali.

Ramdani juga sukses mencetak 28 gol selama dua periode membela Persija. Sampai saat ini, Ramdani masih menjadi andalan di lini tengah Persija dan sudah menyumbang dua gelar yakni Piala Presiden 2018 dan Liga 1 2018.

"Persija adalah prioritas saya. Kalau masih dibutuhkan, apalagi selamanya, saya akan terus membela Persija untuk selamanya," ujar Ramdani.

3 dari 6 halaman

Ismed Sofyan

Persija Jakarta memang bukan klub satu-satunya yang pernah dibela Ismed Sofyan. Pemain asal Aceh itu pernah berseragam PSBL Langsa (1997-1998), Persiraja Banda Aceh (1998-2000), dan Persijatim (2000-2002).

Namun, setelah membela Persija pada 2002, Ismed belum pernah lebih berganti klub. Artinya sampai saat ini Ismed sudah bermain untuk Persija selama 18 tahun.

Ismed mengumpulkan 410 penampilan dan mencetak 18 gol sejak 2002 bermain untuk Persija. Pemain yang kini berusia 40 tahun itu berhasil mempersembahkan dua gelar untuk klub berjulukan Macan Kemayoran yakni Piala Presiden 2018 dan Liga 1 2018.

"Kepikiran pensiun pasti, tapi memang satu-satu dulu. Jangan berbarengan saya dengan Bepe langsung. Saat ini sudah ada kontrak dengan Persija hingga 2021," ujar Ismed.
4 dari 6 halaman

Dendi Santoso

Dendi Santoso sudah memperkuat Arema FC sejak 2008. Sejak saat itu, Dendi belum pernah berganti klub sampai saat ini.

Pemain berusia 29 tahun itu menjadi bagian dari sejarah Arema. Dendi pernah merasakan tiga gelar bersama Arema yakni saat menjadi kampiun Liga Super Indonesia 2009-2010 dan dua gelar Piala Presiden 2017 dan 2019.

"Faktor keluarga yang membuat saya bisa bertahan sampai saat ini. Keluarga semuanya di Malang. Jadi, ya tidak perlu jauh-jauh kalau mudik," tegas Dendi.

Dendi sejauh ini sudah tampil sebanyak 201 pertandingan untuk Arema. Pemain kelahiran Malang, 16 Mei 2019 itu juga sukses mencetak 17 gol buat klub berjulukan Singo Edan tersebut.

5 dari 6 halaman

Ian Louis Kabes

Ian Louis Kabes memang tak mengawali kariernya di Persipura Jayapura. Ian Kabes awalnya membela Persijap Jepara pada 2003-2004.

Pemain berusia 33 tahun itu kemudian bergabung dengan Persipura pada 2005. Sejak saat itu, Ian Kabes belum lagi membela klub lain.

Ian Kabes menjadi bagian dari kesuksesan Persipura dengan torehan tiga gelar liga. Sejauh ini, pemilik nomor punggung 13 itu sudah tampil sebanyak 332 kali dan mencetak 44 gol untuk klub berjuluk Mutiara Hitam tersebut.

Usianya yang masih menyentuh angka 33 tahun membuat Ian Kabes diprediksi masih memiliki karier yang lama di Persipura. Apalagi sampai saat ini, pemain kelahiran Jayapura, 13 Mei 1986 itu masih menjadi pilihan utama di tim inti.

6 dari 6 halaman

Boaz Solossa

Boaz Solossa menjadi pemain yang paling loyal di Indonesia. Sejak membela Persipura Jayapura pada 2004, Boaz belum pernah berganti klub.

Boaz hanya sekali bermain untuk klub selain Persipura yakni Cersae pada 2016. Itu pun sebagai pemain pinjaman.

Selebihnya, Boaz membela Persipura dan sudah tampil sebanyak 306 kali. Boaz juga sukses mencetak 181 gol dan menyumbang tiga gelar liga buat Persipura.

"Jadi sudah sulit sekali memang punya pemain seperti Boaz. Dia bermain dengan hati, bukan kejar uang semata. Kesetiaan seperti Baoz menjadi barang mahal saat ini," ucap Ketua Persipura, Benhur Tomi Mano.

Boaz Solossa sampai saat ini masih berseragam Persipura. Pemain yang akrab disapa Bochi itu masih menjadi andalan pelatih Jacksen F. Tiago di lini depan.

Video Populer

Foto Populer