Sukses


Cerita Ryuji Utomo, Sempat Dilarang Orang Tua Masuk SSB Hingga Sepatu Hampir Dibakar

Bola.com, Jakarta - Perjalanan karier Ryuji Utomo sebagai pesepak bola penuh dengan halang rintang. Ryuji mengaku sempat tak direstui sang ibu ketika ingin masuk Sekolah Sepak Bola (SSB). Bahkan sepatu yang dimilikinya hampir dibakar.

Cerita bermula ketika Ryuji Utomo ingin masuk ke akademi ASIOP. Namun, keinginan tersebut terbentur oleh restu dari ibu, Yukiko Hayano.

"Saya mulai masuk SSB pertama, yakni di ASIOP. Namun, lucunya saya dilarang masuk ASIOP. Justru yang bawa saya ke sana itu guru sekolah," kata Ryuji dalam akun Youtube Jebreeetmedia TV.

Ibu Ryuji tak memberi restu karena melihat anaknya sama sekali tidak memiliki bakat sepak bola. Maklum, Ryuji kecil memiliki postur tubuh yang gemuk.

"Akhirnya, saya diizinkan ikut SSB. Tapi, syaratnya harus ranking 3 besar terus di sekolah. Kalau tidak, sepatu saya beneran mau dibakar karena ketika itu mendapatkan satu nilai merah," kenang Ryuji.

Perlahan tapi pasti, Ryuji akhirnya menunjukkan kerja keras di sekolah untuk mendapatkan nilai terbaik di bidang akademik. Usaha yang dilakukan Ryuji berhasil meluluhkan hati sang ibu.

"Sejak saat itu sampai SMP kelas 1 tidak ada nilai yang merah. Setelah SMP kelas 1 ke atas baru mulai bebas," ucap Ryuji.

Setelah satu tahun menimba ilmu di akademi ASIOP, Ryuji Utomo kemudian berhasil menembus pendidikan di Deportivo Indonesia pada 2011. Kemudian, Ryuji Utomo juga sempat mencicipi akademi Persib Bandung sampai 2014.

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Andalan Persija

Ryuji Utomo kemudian bergabung dengan Mitra Kukar pada 2014. Klub berjulukan Naga Mekes itu menjadi klub profesional pertama Ryuji.

Karier Ryuji hanya bertahan sebentar, yakni sampai 2015. Pemain berusia 24 tahun itu kemudian bergabung dengan klub Bahrain, Al-Najma.

Ryuji kembali ke Indonesia pada 2016 dengan bergabung bersama Arema FC. Setahun berselang, Ryuji merapat ke Persija Jakarta.

Ryuji Utomo juga pernah dipinjamkan ke klub Thailand, PTT Rayong. Tampil sebanyak 18 pertandingan, Ryuji berhasil membantu PTT Rayong promosi ke Thai League 1.

Kini, Ryuji Utomo menjadi andalan Persija Jakarta di lini belakang. Sejauh ini, suami Shabrina Ayu Roshandy itu sudah tampil sebanyak 30 kali dan menyumbang dua gol.

Video Populer

Foto Populer