Sukses


Kisah Karier Otavio Dutra, Sempat Tidak Suka Bermain Sebagai Bek

Bola.com, Jakarta - Otavio Dutra dikenal sebagai satu dari sekian bek tangguh yang ada di Indonesia. Namun, tak ada yang menyangka jika awalnya Otavio Dutra sangat membenci posisi tersebut.

Sewaktu masih di Brasil, Otavio Dutra sering bermain sepak bola bersama teman-temannya. Seperti kebanyakan anak kecil lainnya, posisi kesukaan Otavio Dutra adalah bermain di lini depan karena punya peluang untuk mencetak gol.

"Saya tidak pernah memilih posisi bek, tapi posisi bek yang memilih saya. Mengapa? Saya sebelumnya bermain di banyak posisi dan tidak suka posisi bek dan kiper. Saya suka bermain di depan seperti penyerang, sayap, atau gelandang," kata Otavio Dutra di akun Youtube Persija.

Namun, suatu hari teman Otavio Dutra yang biasa bermain sebagai bek tidak hadir. Tidak ada satu pun temannya yang mau mengisi kekosongan posisi itu. Dengan sedikit kesal, Otavio Dutra akhirnya menawarkan diri mengisi posisi bek agar pertandingan bisa dimulai.

"Ketika itu tidak ada bek karena ada teman yang biasa bermain di posisi itu tidak datang. Tidak ada yang mau bermain sebagai bek. Jadi, saya mengambil inisiatif bermain sebagai bek supaya pertandingan bisa dimulai," kenang Otavio Dutra.

"Saya bilang, 'okay saya main bek saja. Kalian tidak mau, maunya mencetak gol saja'. Akhirnya saya bermain di posisi tersebut," ucap Otavio Dutra.

Tak disangka, Otavio Dutra menemukan kenyamanan bermain di posisi bek. Menurut dia, postur tubuh yang tinggi mendukungnya untuk bermain di posisi tersebut.

"Waktu bermain sebagai bek, saya langsung suka. Posisi ini cocok buat saya karena saya tinggi dan punya passing bagus, serta kesempatan menggiring bola," ujar Otavio Dutra.

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Bek Andalan

Sejak saat itu, Otavio Dutra memilih untuk menjadi bek. Posisi yang sampai saat ini menjadikannya sebagai pemain andalan di setiap tim yang dibelanya.

Memiliki tinggi 190 cm membuat Otavio Dutra berpeluang besar memenangi duel bola-bola udara. Selain itu, pemain naturalisasi Indonesia itu juga pandai memainkan ritme permainan di lini belakang.

Tak hanya sebagai bek tangguh, Otavio Dutra juga bisa diandalkan dalam mencetak gol. Mayoritas gol yang dicetak berasal dari sundulan kepala karena Dutra kerap memenangi duel-duel udara.

Otavio Dutra saat ini menjadi andalan di lini belakang Persija Jakarta. Pemain berusia 36 tahun itu sudah tampil sekali dan mencetak satu gol di Shopee Liga 1 2020.

Video Populer

Foto Populer