Sukses


Asnawi Bahar Berganti Posisi Gara-gara Indra Sjafri

Bola.com, Jakarta - Bek PSM Makassar, Asnawi Bahar, punya cerita unik di balik pemilihan posisi pemain belakang yang digelutinya. Asnawi mengaku semua itu terjadi setelah diinstruksikan dan kemampuannya diasah pelatih Indra Sjafri.

Cerita bermula ketika Asnawi Bahar dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafri pada 2016. Asnawi yang ketika itu menggeluti posisi gelandang akhirnya dipindah ke bek kanan, karena cedera yang dialami Rifad Marasabessy.

"Awalnya terjadi di Timnas Indonesia U-19 karena coach Indra Sjafri tak memiliki bek kanan. Soalnya bek kanan yang sebelumnya, Rifad Marasabessy, sedang mengalami cedera lutut," kata Asnawi Bahar di akun Youtube Hamka Hamzah.

"Coach Indra kemudian datang dan bertanya 'bagaimana, bisa bermain di posisi bek kanan, tidak?' Soalnya di tim tidak ada bek kanan dan turnamen akan digelar dalam dua bulan lagi. Saya bilang tidak bisa dan ingin bermain di posisi gelandang saja," ucap Asnawi Bahar.

Meskipun menolak, pada prakteknya Asnawi kerap dipasang di posisi bek kanan. Baik itu dalam sesi latihan hingga uji coba.

"Akan tetapi, latihan berikutnya dan bertanding di pasang di posisi bek kanan. Uji coba biarpun bermain jelek tetap dicoba bermain 90 menit di posisi bek kanan, sampai turnamen akhirnya dipasang di bek kanan," ujar pemain berusia 20 tahun tersebut.

Sejak saat itu sampai saat ini, Asnawi Bahar bermain di posisi bek kanan dan selalu menjadi pemain andalan Indra Sjafri. Hal itulah yang membuat Asnawi Bahar mendapatkan label 'pemain kesayangan' karena selalu dipanggil ke Timnas Indonesia yang diasuh Indra Sjafri.

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Belajar dari Youtube

Berganti posisi tentu bukan perkara yang mudah buat seorang pesepak bola. Namun, Asnawi Bahar terbukti berhasil melakukannya yakni berpindah dari posisi gelandang ke bek kanan.

Asnawi mengakui awalnya memang tak mudah bermain di posisi bek kanan. Namun, pengetahuannya mengenai posisi bek kanan bertambah setelah melihat penampilan pesepak bola dunia yang bermain di posisi bek kanan melalui media YouTube.

"Saya belajar dari YouTube melihat permainan Dani Alves dan Trent Alexander-Arnold. Hanya belajar dari situ saja. Juga ada masukan dari bapak yang dulu sebagai bek kanan," ucap Asnawi Bahar.

Video Populer

Foto Populer