Merespons Surat PT LIB, Mayoritas Klub Shopee Liga 1 Meminta Kompetisi Musim 2020 Dibatalkan

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 05 Mei 2020, 15:00 WIB
Diperbarui 05 Mei 2020, 15:00 WIB
Shopee Liga 1 2020

Bola.com, Jakarta - Mayoritas peserta meminta Shopee Liga 1 untuk dibatalkan. Demikian kesimpulan PT Liga Indonesia Baru (LIB) terhadap respons dari setiap klub terkait kelanjutan kompetisi.

Pada 29 April lalu, PT LIB mengedarkan surat korespondensi kepada seluruh kontestan Shopee Liga 1 dan Liga 2 untuk meminta masukan. Jawaban dari masing-masing klub ditampung hingga 1 Mei 2020.

Hasilnya, lebih banyak tim yang menyarankan kompetisi untuk ditiadakan dibanding harus kembali digelar namun menunggu keputusan Keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia.

"Lebih banyak klub, termasuk dari Shopee Liga 1, yang berharap kompetisi dihentikan saja. Mereka ingin menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah tentang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar. Yang lainnya menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada PSSI," ujar Direktur Operasional PT LIB, Sujarno dinukil dari Antara.

Adapun, Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia akan berakhir pada 29 Mei mendatang. PSSI sebelumnya berencana untuk menggulirkan kompetisi pada 1 Juli 2020 jika status tersebut tidak diperpanjang.

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

2 dari 3 halaman

Usulkan Turnamen

Shopee Liga 1 2020 Logo
Ilustrasi Liga 1 Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

Sebagai pengganti kompetisi, sejumlah klub mengajukan usul. PT LIB disarankan untuk menggelar turnamen untuk mengisi jadwal 2020.

Turnamen tersebut dapat menjadi kesempatan bagi para pemain untuk kembali merasakan atmosfer pertandingan sekaligus menjaga kebugaran.

Selain itu, turnamen juga bisa sebagai wadah pemanasan sebelum kembali berkompetisi pada tahun depan. Para pemain pun juga tidak kehilangan mata pencaharian.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓