Shin Tae-yong Intens Kirim Program Latihan ke Timnas Indonesia U-19 dari Korea Selatan

Oleh Ario Yosia pada 05 Mei 2020, 16:50 WIB
Diperbarui 08 Mei 2020, 00:50 WIB
Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Terhentinya sementara aktivitas pelantas Timnas Indonesia U-19 imbas pandemi virus corona COVID-19 tak otomatis membuat program persiapan Piala Dunia U-20 2021 tiarap total. Para pemain tetap dipantau secara khusus oleh Shin Tae-yong dan para asistennya.

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong juga tidak berdiam diri saja selama ini. Bersama tim pelatih, dia tetap memantau perkembangan para pemain.

Ia sudah meminta secara khusus kepada pelatih fisiknya, Lee Jae-hong, untuk memberikan beberapa program latihan, termasuk di sepanjang bulan Ramadhan ini.

Di sisi lain, Shin Tae-yong  intens berkomunikasi dengan beberapa staf pelatih lokal. Salah satunya Nova Arianto. Ia meminta bantuan penerjemah.

Nova menjabarkan selain fokus memantau fisik para pemain, Shin Tae-yong kembali mendata pemain-pemain di Timnas Indonesia U-19. Baik itu pemain yang pernah dipanggil ataupun tidak.

"’Ya, ini mendata dulu pemain yang dipersiapkan untuk Timnas Indonesia U-19," tutur Nova.

Dengan pendataan itu, pihaknya berharap tidak ada kesulitan memanggil pemain ketika pandemi corona nantinya berakhir. Para pemain sudah didata dan dipersiapkan mana yang layak dipanggil untuk ikut seleksi. "Jadi tidak perlu mengulang dari awal lagi. Program lanjutan berjalan berdasarkan data sebelumnya," ujar Nova.

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

 

2 dari 3 halaman

Video

Timnas Indonesia U-19
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Gong Oh-kyun, saat sesi latihan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Senin (13/1/2020). Sebanyak 51 pemain mengikuti seleksi untuk memperkuat skuat utama Timnas Indonesia U-19. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Nova menolak berkomentar banyak saat ditanya apakah ada pemain baru dalam list tersebut. Ia menyebut Shin Tae-yong yang layak menerangkan hal itu.

’’Ditunggu ya nanti biar Coach Shin yang menyampaikan,’’ tutur Nova Arianto.

Sebagaimana diketahui, timnas U-19 dipersiapkan untuk turun di Piala Dunia U-20 tahun depan. Didapuk sebagai tuan rumah, target cukup tinggi dibebankan ke Tim Garuda Muda. Minimal mereka lolos dari fase penyisihan.

Sejauh ini, selama Shin Tae-yong ditunjuk jadi pelatih timnas, baru sekali menggeber program pelatnas untuk Timnas Indonesia U-19 pada medio Januari silam. Para pemain selama 10 hari para pemain menjalani TC di Thailand.

Timnas U-19 sempat menjalani enam kali uji coba di sana. Hasilnya tidak memuaskan, Tim Merah-Putih lima kali kalah dan hanya sekali menang.

Berencana akan TC lagi pertengahan tahun ini, namun siapa sangka pandemi corona menyerang. Para pemain Timnas Indonesia U-19 pun terpaksa melakukan latihan secara mandiri. Melalui pelatih fisik lokal timnas Alex Aldha Yudha, kondisi fisik para pemain dipantau setiap hari. Mereka juga diminta mengontrol pola makan.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓