Sukses


Deretan Pelatih yang Mengumpulkan Lebih dari 100 Poin di Era Liga 1

Bola.com, Jakarta - Sejak bergulir pada 2017, Liga 1 tak hanya sekadar menampilkan persaingan ketat antartim. Kompetisi elite Indonesia ini juga menjadi ajang adu kelihaian meracik strategi untuk para pelatih.

Liga 1 telah berkembang menjadi kompetisi yang kompetitif. Hal itu tak terlepas dari hadirnya pelatih-pelatih berkualitas dengan banyak pengalaman yang membuat kompetisi semakin menarik.

Para pelatih itu beradu kepintaran dalam meracik strategi. Tujuannya cuma satu, yakni mempersembahkan kemenangan dan gelar sebagai tolok ukur prestasi timnya.

Setiap musim ada 18 klub yang bersaing untuk meraih gelar. Artinya masing-masing tim akan bermain 34 kali dari total keseluruhan 306 pertandingan.

Terdapat nama-nama pelatih yang mampu mengumpulkan 100 poin lebih dalam setiap laga Liga 1 yang dipimpinnya. Indikator ini hanya berlaku pada laga yang benar-benar dipimpinnya, bukan laga yang dipimpin caretaker.

Lantas, siapa pelatih dengan koleksi poin terbanyak di era Liga 1? Berikut ini daftar lima besar pelatih dengan jumlah raihan poin terbanyak versi Labbola.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

Gomes de Oliveira

Gomes de Oliveira berada di posisi lima besar sebagai pelatih yang mampu mengumpulkan 100 poin lebih di Liga 1. Pelatih asal Brasil berhasil mengumpulkan 108 poin.

Jumlah tersebut dikumpulkan Gomes de Oliveira bersama dua klub, yakni Madura United dan Kalteng Putra. Rinciannya adalah 88 poin bersama Madura United dan 31 angka dengan Kalteng Putra.

Pencapaian terbaik Gomes de Oliveira di Liga 1 terjadi pada musim 2017 saat membantu Madura United finis di peringkat kelima. Namun, musim ini torehan poin Gomes de Oliveira tak akan bertambah karena Kalteng Putra berkompetisi di Liga 2.

3 dari 6 halaman

Simon McMenemy

Simon McMenemy tercatat mengumpulkan 121 poin di Liga 1. Semuanya dilakukan pelatih asal Skotlandia itu bersama Bhayangkara FC.

Jumlah itu dikumpulkan Simon ketika menukangi Bhayangkara FC pada 2017-2018. Pencapaian terbaik Simon adalah mempersembahkan gelar Liga 1 2017 untuk klub berjulukan The Guardians tersebut.

Namun, untuk saat ini jumlah tersebut tidak akan bertambah. Sejak dipecat Timnas Indonesia pada November 2019, Simon McMenemy belum lagi berkarier sebagai pelatih di Indonesia.

4 dari 6 halaman

Jacksen F. Tiago

Jacksen F. Tiago berada di posisi ketiga dengan jumlah 155 poin. Jumlah itu dikumpulkan Jacksen bersama Barito Putera dan Persipura Jayapura.

Sejauh ini, pencapaian terbaik Jacksen di Liga 1 yakni membantu Persipura finis di peringkat ketiga musim 2019. Adapun musim ini, Persipura berada di peringkat keempat dan sudah meraih enam poin dari tiga laga bersama pelatih asal Brasil itu.

Dengan Liga 1 2020 yang baru digelar sebanyak tiga pekan, besar kemungkinan jumlah poin yang dikumpulkan Jacksen F. Tiago bertambah. Apalagi Persipura musim ini diperkuat pemain-pemain berkualitas.

5 dari 6 halaman

Robert Alberts

Pelatih asal Belanda, Robert Alberts, berada di urutan kedua dengan jumlah 186 poin. Jumlah itu dikumpulkan Robert Alberts bersama dua klub, yakni PSM Makassar (2017-2018) dan Persib Bandung (2019-sekarang).

Pencapaian terbaik Robert Alberts di Liga 1 terjadi pada musim 2018. Ketika itu, Robert Alberts berhasil mengantarkan PSM Makassar menjadi runner-up.

Jumlah poin yang diraih Robert Alberts di Liga 1 berpeluang bertambah. Apalagi Persib Bandung saat ini berada di puncak klasemen sementara dengan raihan sembilan poin dan menjadi kandidat juara liga.

6 dari 6 halaman

Stefano Cugurra Teco

Predikat pelatih dengan koleksi poin terbanyak di Liga 1 dimiliki Stefano Cugurra Teco. Pelatih asal Brasil itu tercatat sudah mengumpulkan 194 poin.

Jumlah itu dikumpulkan Teco bersama Persija Jakarta dan Bali United. Hebatnya, Teco mampu juga mempersembahkan gelar untuk masing-masing klub tersebut.

Persija diberi gelar Liga 1 2018, sedangkan Bali United untuk edisi 2019. Kini, Teco masih menukangi Bali United dan bertekad kembali mempertahankan gelar liga.

Sumber: Labbola

Video Populer

Foto Populer