Suporter di Indonesia Lebih Fanatik Ketimbang Brasil di Mata Otavio Dutra

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 06 Mei 2020, 17:45 WIB
Diperbarui 06 Mei 2020, 17:45 WIB
Suporter Persija Jakarta, The Jakmania, memberikan dukungan saat melawan Becamex Binh Duong pada laga Piala AFC. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)
Suporter Persija Jakarta, The Jakmania, memberikan dukungan saat melawan Becamex Binh Duong pada laga Piala AFC di SUGBK, Jakarta, Selasa (26/2). Kedua klub bermain imbang 0-0. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Bek Persija Jakarta, Otavio Dutra, kagum dengan sikap suporter sepak bola di Indonesia yang selalu datang memenuhi stadion. Bahkan, Dutra tak ragu menyebut suporter di Indonesia lebih fanatik ketimbang di Brasil.

Penilaian itu diungkapkan Otavio Dutra setelah berkarier selama 10 tahun di Indonesia. Menurut Dutra, perbedaan yang mencolok antara suporter sepak bola Indonesia dengan Brasil sangat terasa.

Suporter di Indonesia selalu datang menonton ke stadion setiap pertandingan. Adapun suporter sepak bola di Brasil datang memenuhi stadion hanya pada laga final saja.

"Penduduk Indonesia luar biasa, stadion selalu penuh. Di Brasil, stadion hanya penuh saat laga final. Orang Indonesia lebih fanatik dari Brasil. Di Brasil memang tiket pertandingan sepak bola mahal," kata Otavio Dutra di akun Youtube Felipe Valdes.

"Akan tetapi, di sini juga tidak murah. Namun, mereka suka sekali pergi ke stadion. Selalu ada banyak orang yang mau menonton pertandingan. Itu merangsang kami sebagai pemain dan membuat kami bahagia juga," jelas Otavio Dutra.

Otavio Dutra sudah malang melintang di Indonesia dengan membela klub-klub elite. Sejauh ini, pemain berpostur 190 cm itu telah bermain untuk Persebaya 1927, Persipura Jayapura, Gresik United, Bhayangkara FC, Persebaya Surabaya, dan saat ini membela Persija Jakarta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Cinta Indonesia

Pesona Bek Trengginas Persija Jakarta Musim Ini
2. Otavio Dutra - Dutra menjadi pemai baru yang bergabung dengan Persija di musim ini. Namun, kualitasnya sebagai bek tidak diragukan lagi. Di laga debutnya bersama Persija, bek berusia 36 tahun ini turut menyumbangkan 1 gol. (Bola.com/Yoppy Renato)

Otavio Dutra resmi menjadi Warga Negara Indonesia pada Oktober 2019. Keputusan itu diambil Dutra karena terlanjur cinta terhadap Indonesia.

Saat pandemi virus corona yang melanda Indonesia, Dutra juga enggan pulang ke Brasil. Menurut Dutra, Indonesia sudah terasa seperti rumah kedua untuknya.

"Saya tidak mau pulang karena kami senang di sini. Saya tetap tinggal di sini, di Jakarta dan keluarga saya juga tetap di sini bersama saya," ucap Dutra.

"Selama 10 tahun saya tidak pergi bermain untuk tim di negara lain selain di Indonesia. Padahal pada 2015 saya pernah ada kesempatan itu. Namun, saya memutuskan untuk tetap berada di sini dan itu alasan saya untuk menjadi WNI," jelas pemain berpostur 190 cm itu.

Sumber: Youtube Felipe Valdes

Lanjutkan Membaca ↓