Sukses


Bonek Writer Forum Terbitkan Buku untuk Donasi Melawan COVID-19

Bola.com, Jakarta - Bonek, suporter Persebaya, sudah ikut bergerak berkontribusi membantu korban COVID-19 dengan berbagai macam cara dan bentuk. Kali ini giliran Bonek Writer Forum (BWF) yang turut andil dalam upaya tersebut.

BWF merupakan sebuah komunitas Bonek yang berisikan para penulis sepak bola. Mereka menerbitkan buku berjudul Tolak Bala Sepak Bola. Saat ini, buku tersebut sedang dalam pengerjaan dan direncanakan rampung sekaligus terbit pada lebaran 2020.

Terdapat 24 tulisan yang berasal dari 23 penulis yang semuanya merupakan anggota BWF. Buku ini berisi tulisan-tulisan yang menggambarkan efek dari bencana-bencana yang terjadi di dunia terhadap sepak bola.

Tak hanya pandemi COVID-19, bencana-bencana lain yang berpengaruh terhadap sepak bola internasional juga ada. Di antaranya adalah Tragedi Heysel, ledakan Chernobyl, perang El Salvador vs Honduras, hingga jatuhnya pesawat yang ditumpangi skuat Manchester United.

"Setelah membaca buku ini, kita bisa lebih berempati kepada korban bencana khususnya para pelaku di dunia sepak bola," kata Rossi Rahardjo, editor buku yang juga anggota BWF.

"Gaya penulisannya bermacam-macam. Ada yang gaya media sosial, gaya jurnalistik, dan ada yang akademis," imbuh Rossi.

Sebanyak 23 penulis yang berasal dari berbagai latar belakang turut berkontribusi. Mereka membuat tulisan-tulisan di buku ini lebih beragam. Anggota BWF memang berasal dari berbagai kalangan seperti akademisi, jurnalis, PNS, fotografer, hingga mahasiswa.

 

Video

2 dari 2 halaman

Tak Sebatas Surabaya

Para penulis buku ini tidak terbatas pada penulis yang berbasis di Surabaya. Jojo Raharjo misalnya, merupakan seorang jurnalis yang berkediaman di Jakarta.

"Saya sangat mengapresiasi sekaligus merasa tersanjung dilibatkan dalam kerja bersama ini. Buku ini merupakan sumbangsih kecil kami dalam menyikapi pagebluk yang eksesnya terasa luar biasa di semua sektor, termasuk dunia persepakbolaan nasional," ungkap Jojo.

"Kita semua adalah saksi sejarah sebuah peristiwa besar yang mungkin belum akan terulang puluhan tahun mendatang," tuturnya.

Rencananya, buku akan dijual untuk umum dan mekanisme penjualan bakal diumumkan setelah terbit. Seluruh keuntungan penjualan akan didonasikan untuk penanganan korban COVID-19 di Indonesia.

Video Populer

Foto Populer