Sukses


PSSI Akan Bahas Nasib Shopee Liga 1 2020 Pekan Ini

Bola.com, Jakarta - PSSI bakal menentukan nasib kompetisi Shopee Liga 1 2020 dalam waktu dekat. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengaku pihaknya akan melakukan rapat secara virtual dengan Komite Eksekutif (Exco) pada Jumat (8/5/2020).

Dalam rapat nanti akan dibahas bagaimana kelanjutan Shopee Liga 1 2020, bakal dihentikan lagi atau dihentikan secara total. Namun, Mochamad Iriawan menegaskan sikap PSSI tetap jelas, yakni mengacu kepada keputusan Pemerintah Republik Indonesia.

"Kami masih berpegang kepada protokol kesehatan pemerintah dulu ya, kan deadline masih sampai 29 Mei. Namun, nanti Jumat kami akan menggelar rapat dengan Exco, rapat virtual. Jadi, sementara masih berpegang kepada protokol kesehatan pemerintah," kata Mochamad Iriawan.

Selain masalah nasib kompetisi, dalam rapat nanti PSSI juga akan membahas situasi finansial klub. Mochamad Iriawan menyebut masalah ini sangat krusial karena hal tersebut yang berdampak langsung karena pandemi virus corona.

"Kami akan melihat apakah Liga 1 dan Liga 2 ada kesulitan, apakah ada masalah finansial, dan sebagainya. Ini masalahnya cukup kompleks, misalnya soal kontrak pemain, pelatih. Itu harus dikaji dengan betul-betul," ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Shopee Liga 1 2020 sudah menampung aspirasi dari mayoritas klub agar PSSI merestui musim ini dihentikan secara total. Namun, saran tersebut ditolak PSSI yang ingin menunggu sikap pemerintah pada pengujung Mei 2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Alasan PT LIB

PT LIB sebelumnya berkirim surat kepada PSSI agar bisa menghentikan kompetisi secara total. PT LIB berpatokan terhadap jawaban dari 15 klub, yang terdiri dari lima tim Shopee Liga 1 dan 13 tim Liga 2 yang meminta kompetisi tahun ini untuk dibatalkan.

Hal ini terjadi karena belum ada keputusan dari pemerintah soal masa depan status darurat bencana. Operator kompetisi yang dipimpin oleh Cucu Somantri tersebut juga tidak dapat membayarkan subsidi secara penuh.

"PT LIB menyarankan kepada Ketua PSSI untuk kompetisi Liga 1 dan 2 pada 2020 tidak dilanjutkan (dihentikan) dan subsidi yang diberikan kepada klub Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 sebesar Rp450 juta, dengan rincian klub Liga 1 sebesar Rp350 juta dan klub Liga 2 sebesar Rp100 juta," bunyi keterangan PT LIB.

"Sebanyak 18 klub yang terdiri dari lima klub Liga 1 dan 13 klub Liga 2, hasil masukan umumnya menyarankan kompetisi 2020 untuk tidak dilanjutkan/dihentikan (data responden klub terlampir). Kemudian belum adanya penyampaian dari pemerintah kapan berakhirnya pandemi wabah corona di Indonesia," jelas pernyataan tersebut.

Video Populer

Foto Populer