Sukses


Hasnuryadi Sulaiman Ingin Membangun Museum Barito Putera

Bola.com, Banjarmasin - Aksi sosial para pemain Barito Putera yang melelang Jersey tim untuk penggalangan dana bagi masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 menginspirasi Hasnuryadi Sulaiman. Presiden Barito Putera itu memuji aksi sosial tersebut.

Kendati demikian, Hasnuryadi ternyata merasa ada yang kurang sreg dengan pelelangan jersey Barito Putera. Dari situ, Presiden Barito Putera tersebut terpikirkan untuk membuat sebuah museum yang menyimpan memorabilia klub yang bermarkas di Banjarmasin itu.

"Bagus aksi kepedulian itu. Tapi, kalau lelang jersey, saya merasa kok sayang ya. Jersey itu punya nilai sejarah bagi klub dan pemain. Makanya, saya ingin mengumpulkan jersey pemain sejak klub ini didirikan hingga terkini di museum," kata Hasnuryadi Sulaiman.

Sebagai keturunan dan ahli waris pendiri Barito Putera, HA Sulaiman HB, sosok yang juga anggota DPR RI ini ingin mengabadikan benda apa saja yang bernilai sejarah bagi klub.

"Daripada dilelang dan jatuh ke tangan orang lain, kami akan mengabadikannya di museum. Sepuluh tahun ke depan, generasi muda di Banjarmasin dan Kalsel harus tahu sejarah Barito Putera. Kalau bukti sejarah itu hilang, mereka akan sulit tahu sejarah klub ini," tuturnya.

 

Video

2 dari 2 halaman

Contoh bagi Klub Lain di Indonesia

Frans Sinatra Huwae, seorang legenda dan mantan kapten tim Laskar Antasari, mengaku telah menyerahkan sekitar 15 jerseynya selama membela eks klub Galatama yang didirikan 21 April 1988 ini.

"Awalnya saya mau lelang semua koleksi jersey itu. Tapi, saya izin ke Pak Hasnur dulu. Beliau melarang melelang, karena jersey itu akan masuk dalam museum. Bagus kalau Barito Putera punya museum. Ini akan jadi contoh bagi klub sepak bola lain di Indonesia," ucap pelatih Martapura FC ini.

Meski melarang melepas jersey untuk aksi sosial, Hasnuryadi tetap memberi solusi dan dukungan kepada para mantan penggawa Barito Putera beramal.

"Pak Hasnur bantu kami beramal. Kami sudah jalankan itu. Sementara aksi ini, bagi rekan-rekan eks Barito Putera yang secara ekonomi terdampak langsung Corona. Berikutnya, kami akan sasar masyarakat sesuai kemampuan yang ada," ujar Frans Sinatra.

Video Populer

Foto Populer