5 Pemain Indonesia yang Namanya Mirip Bintang Sepak Bola Dunia

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 11 Mei 2020, 10:45 WIB
Diperbarui 11 Mei 2020, 10:45 WIB
Trivia - Pemain Beckham Putra, Gian Zola, Gianluca Pagliuca Rossy, Sutan Zico, Maldini Pali
Trivia - Pemain Beckham Putra, Gian Zola, Gianluca Pagliuca Rossy, Sutan Zico, Maldini Pali (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Nama merupakan sesuatu yang sakral di Indonesia. Namun, ada pula orang tua yang memberi nama anaknya karena terinspirasi dengan bintang sepak bola dunia yang menjadi idola.

Nama bernuansa pesepak bola dunia itu sengaja diberikan agar sang anak kelak bisa meniru takdir dari idola ayahnya. Nama-nama yang dipilih juga tak sembarangan karena merupakan mantan pesepak bola yang pernah memiliki peran penting di kancah sepak bola dunia.

Tak hanya sukses ketika membela klub, nama-nama yang dipilih juga sukses menembus Timnas dan tampil di Piala Dunia. Jadi, wajar bila para orang tua memberi nama anaknya mirip dengan idolanya agar bisa sukses.

Kebetulan nama-nama yang diberikan para orang tua itu hampir sesuai dengan bintang dunia karena anaknya juga menjadi pesepak bola. Hal inilah yang membuat orang tua mereka bangga karena bisa mengidolai bintang dunia sekaligus putranya yang jadi pemain sepak bola.

Akan tetapi, menyandang nama mirip dengan legenda sepak bola dunia tentu tak mudah. Beban akan terasa besar apabila si pemilik nama tak bisa menyesuaikan penampilannya di lapangan.

Bola.com mencoba merangkum beberapa pesepak bola yang menggunakan nama eks pesepak bola dunia. Berikut ini lima pemain Indonesia yang memiliki nama bernuansa pesepak bola dunia.

2 dari 7 halaman

Sutan Zico

Sutan Zico
Striker Timnas Indonesia U-16, Sutan Zico, saat tiba di Bandara Soetta, Tangerang, Sabtu (23/9/2017). Timnas U-16 berhasil meraih hasil sempurna pada kualifikasi Piala Asia U-16 di Thailand. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Nama Sutan Zico terkenal setelah membela Timnas Indonesia U-16. Pemilik nama lengkap Sutan Diego Armando Ondriano Zico merupakan penyerang andalan pelatih Fakhri Husaini ketika itu.

Sekilas, nama Sutan Zico mirip dengan legenda Brasil, Zico. Namun, keduanya bermain di posisi yang berbeda karena Sutan Zico adalah penyerang, sedangkan Zico bermain di posisi gelandang.

Ayah Sutan Zico, Oriyanto Jhosan, mengaku memang mengidolasi legenda Brasil tersebut. Hal itulah yang membuat dirinya memberi nama putranya dengan nama Zico, sedangkan Diego Armando diambil dari legenda Argentina, Maradona.

"Zico itu ya pemain Brasil yang lama itu. Dia idola saya. Diego Armando dari Maradona (Diego Armando Maradona)," kata Oriyanto pada 2017.

 

3 dari 7 halaman

Gianluca Pagliuca Rossy

Kiper Timnas Indonesia U-19 Merapat ke Persija
Penjaga gawang Timnas Indonesia U-19, Gianluca Pagliuca Rossy saat mengikuti latihan di Lapangan A Kompleks GBK, Jakarta, Kamis (22/3). Gianluca Pagliuca Rossy resmi dikontrak Persija selama dua tahun. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Gianluca Pagliuca Rossy merupakan kiper Timnas Indonesia U-19. Namanya sangat mirip dengan legenda kiper Italia, Gianluca Pagliuca.

Keduanya juga sama-sama berperan sebagai kiper. Rossy mengatakan ayahnya memang mengidolai kiper legendaris dari Timnas Italia dan Inter Milan tersebut.

"Ayah saya ngefans dengan kiper legendari Timnas Italia dan Inter Milan, Gianluca Pagliuca," ucap Rossy.

4 dari 7 halaman

Maldini Pali

Bola.com PSM Makassar Maldini Pali
Pemain PSM Makassar, Maldini Pali, saat latihan di Jakarta, Jumat (8/4/2016). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Maldini Pali merupakan pemain yang terkenal ketika menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-19 pada 2013. Pemain asal Mamuju, Sulawesi Barat itu menjadi pilihan utama pelatih Indra Sjafri di posisi sayap.

Nama Maldini Pali mirip dengan legenda Timnas Italia dan AC Milan, Paolo Maldini. Namun, nama terakhir bermain di posisi bek sedangkan Maldini Pali berperan sebagai gelandang sayap.

Maldini Pali menyebut ayahnya sengaja memberikan namanya seperti itu karena memang suporter sejati AC Milan. Begitu lahir, akhirnya sang ayah langsung memberi nama sesuai dengan legenda Rossoneri tersebut.

"Soal pemberian nama Maldini, ayah yang suka dengan AC Milan. Saya juga suka dengan Maldini. Dia kalau main pantang menyerah dan kepemimpinannya bagus di lapangan," kata Maldini Pali pada 2013.

5 dari 7 halaman

Beckam Putra

Beckham Putra Nugraha
Beckham Putra Nugraha. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Siapa yang tidak mengenal David Beckham, legenda Manchester United dan Timnas Inggris? Berkat ketenaran itu pula yang menginspirasi seorang ayah di Jawa Barat untuk memberi nama putranya Beckham Putra Nugraha.

Pemain berusia 18 tahun itu dikenal ketika menembus Timnas Indonesia U-19 pada 2019. Beckham Putra juga saat ini membela tim senior Persib Bandung.

Beckham Putra menyebut, sang ayah sengaja memberikan nama seperti itu karena kagum dengan penampilan David Beckham di Manchester United pada 2001. Kebetulan, tahun itu tepat Beckham Putra lahir ke dunia.

"Iya betul sekali karena pas Beckham di Manchester United tahun 2001 lagi bagus. Langsung bapak ngasih nama Beckham hanya diilangin David-nya," kata Beckham Putra.

6 dari 7 halaman

Gian Zola

20170604-Bhayangkara FC Permalukan Persib-Tebe
Gelandang Persib, Gian Zola (tengah) berebut bola dengan pemain depan Bhayangkara FC, Wahu Subo Seto dilanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (4/6). Bhayangkara FC menang 2-0. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Gian Zola merupakan kakak kandung dari Beckham Putra yang hanya terpaut tiga tahun lebih tua. Sama seperti Beckham Putra, pemberian nama Gian Zola juga tak terlepas dari pengaruh bintang sepak bola dunia.

Seperti diketahu, nama tersebut mirip dengan yang dimiliki legenda Chelsea, Gianfranco Zola. Uniknya, Gian Zola memiliki posisi yang sama dengan Gianfranco Zola yakni gelandang.

Ayah Gian Zola, Budi Nugraha, mengaku memang terinspirasi dengan Gianfranco Zola ketika memberi nama putranya. Alasan Budi sangat sederhana, dirinya kagum dengan permainan apik Zola ketika membela Chelsea.

"Di Chelsea dia bermainnya bagus dan lincah. Padahal, tubuhnya kecil. Jadi, saya kepikiran saja untuk nama anak saya Gian Zola," ucap Budi pada 2018.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓