Sukses


Wawan Hendrawan Menolak Menyerah dengan Usia Tua

Bola.com, Jakarta - Kiper Bali United, Wawan Hendrawan, belum memikirkan rencana pensiun dari kariernya sebagai pesepak bola. Menurut Wawan, penampilannya justru semakin matang pada usia yang sudah tak lagi muda.

Wawan Hendrawan saat ini sudah berusia 37 tahun. Akan tetapi, kiper berpostur 178 cm itu masih mendapatkan kepercayaan dari pelatih Stefano Cugurra Teco untuk mengawal jala Bali United.

Wawan sadar, usianya memang sudah tak lagi muda. Namun, usia bukan penghalang buat Wawan karena peran sebagai kiper tak terlalu dituntut kemampuan fisik seperti posisi lainnya.

"Posisi penjaga gawang dan posisi penyerang itu berbeda. Kalau menurut saya pribadi dan saya rasakan, dengan bertambahnya usia lebih merasa tenang dan bisa lebih menguasai emosi dalam pertandingan. Kondisi fisik pun tidak terlalu terkuras seperti pemain depan," kata Wawan Hendrawan di akun Youtube Bali United.

"Kalau penjaga gawang tidak perlu lari-lari dan hanya di daerah sekitar gawang saja. Cuma yang diperlukan kiper adalah ketenangan dan kedewasaan dalam bermain. Dengan umur sekian, saya merasa lebih tenang dan alhamdulillah bisa sampai sejauh ini dengan usia yang sekarang," ujar Wawan Hendrawan.

Musim ini, Bali United sudah menyiapkan Nadeo Argawinata sebagai kiper pelapis Wawan Hendrawan. Akan tetapi, pelatih Teco masih mempercayakan peran Wawan dalam laga Liga 1 2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Didukung Pengalaman Bermain

Selain masalah usia, Wawan Hendrawan menilai ada faktor lain yang memengaruhi kematangan bermain seorang pesepak bola. Menurut dia, hal ini tak kalah penting untuk menentukan kelanjutkan karier di lapangan.

"Ada satu hal lagi yang menentukan pemain bisa lebih tenang yaitu pengalaman bermain. Semakin banyak pengalaman bermain, maka semakin banyak pelajaran yang dia dapat. Pasti dia akan semakin tenang dan lebih bisa mengontrol emosi," ujar Wawan Hendrawan.

Wawan Hendrawan mengawali kariernya pada 2003 dengan membela Persibas Banyumas. Sejak saat itu, Wawan sudah malang melintang di klub Indonesia.

Dia pernah membela Persikabo Bogor, Persikab Bandung, Pelita Jaya, Persita Tangerang, Persisam Putra, Deltras Sidoarjo, Persiba Balikpapan, dan Mitra Kukar.

Video Populer

Foto Populer