Sukses


Rekor Hattrick Abadi Cristian Gonzeles di Persib Bandung

Jakarta - Cristian Gonzales rupanya punya rekor abadi di Persib Bandung. Hingga saat ini, belum ada yang bisa melewati catatan yang diciptakan oleh penyerang naturalisasi Indonesia tersebut.

Rekor yang dimaksud adalah catatan hattrick (tiga gol) dalam satu pertandingan. Cristian Gonzales masih menjadi pemain tersubur yang pernah mencetak hattrick bersama Maung Bandung, julukan Persib.

Pemain kelahiran Uruguay tersebut telah mencetak lima hattrick untuk Persib. Catatan itu belum ada yang bisa menyamai, meski Gonzales sudah meninggalkan Persib sembilan tahun lalu.

Hebatnya lagi, Gonzales menciptakan rekor tersebut hanya butuh dua musim saat memperkuat Persib Bandung.

Pria yang kini berusia 43 tahun tersebut mengemas tiga gol untuk Persib saat menghadapi Deltras Sidoarjo (2009), Persema Malang (2010), Persita Tangerang (2010), Persipasi Bekasi (Piala Indonesia 2010), dan Bontang FC (Piala Indonesia 2010).

Video

2 dari 3 halaman

Pencetak Hattrick Lainnya

Selain Gonzales, pemain lain yang mencetak hattrick bersama Maung Bandung adalah Dedi Sutendi. Dia mencetak dua kali hattrick, yakni saat Persib mengalahkan Persija Jakarta 4-0 pada 1979, dan yang kedua dia ciptakan ke gawang Gasko Kolaka saat Kejurnas PSSI tahun 1975.

Pencetak hattrick lainnya adalah Sutiono Lamso. Dari total 70 gol yang diciptakannya bersama Persib, sembilan di antaranya tercipta melalui hattrick. Tiga hattrick Sutiono tercipta saat melawan Arseto Solo (Piala Utama II 1992), Persiraja Banda Aceh (Perserikatan 1993/1994), dan Warna Agung (Liga Indonesia 1994).

Pemain lainnya adalah Ajat Sudrajat. Selama bersama Persib, dia pun mencetak tiga kali hattrick, masing-masing saat mengalahkan PSP Padang (1983), PSP Padang (1983) dan Persipura (1985).

3 dari 3 halaman

Bintang dari Nigeria

Pemain pencetak hattrick berikutnya adalah Ekine Ikenwa pada musim 2005/2006. Pemain asal Nigeria ini mencetak dua kali hattrick, sekali quattrick (empat gol). Hattrick pertamaia ciptakan ke gawang Deltras Sidoarjo (2005), kemudian ke gawang Semen Padang (2005) dan quattrick ke gawang PSDS (Liga Indonesia 2006).

Setelah itu, ada nama Zulham Zamrun. Pemain asal Ternate ini mampu mencetak tiga gol pada ajang Piala Presiden 2015 saat mengalahkan Martapura FC dengan skor 4-0.

Pemain lainnya adalah, Raphael Maitimo. Pemain naturasliasi asal Belanda ini membuat hattrick saat Persib menjamu Persegres Gresik United di Liga 1 2017.

 

Sumber asli: Persib

Disadur dari: Cakrayuri Nuralam/Edu Krisnadefa, Published 10/5/2020)

Video Populer

Foto Populer