Sukses


Pemerintah Indonesia Sukses Tekan Laju COVID-19, Pelatih Persib Yakin Kompetisi Kembali Berdenyut

Bola.com, Jakarta - Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts optimistis kompetisi Shopee Liga 1 2020 bisa kembali berdenyut dalam waktu dekat. Ia menilai upaya pemerintahan Indonesia dalam menekan pandemi virus corona yang berjalan cukup baik.

Berdasarkan data per Senin (11/5/2020), pasien positif COVID-19 di Indonesia mencapai 14.265 orang. Meski pasien positif masih mengalami peningkatan, namun untuk data pasien COVID-19 yang berhasil sembuh meningkat jadi 2.881 orang. Sementara pasien yang meninggal mencapai 991 orang.

"Jika saya bisa memilih, yang utama adalah mempertimbangkan apa keputusan yang diambil berdasarkan situasi kesehatan di negara ini. Jika melihat ke sekitar, di regional kami, penyebaran dari virus sudah semakin terkendali. Angka yang terinfeksi menurun," kata Robert Alberts seperti dikutip dari Ayo Bandung.

Sang mentor memberi contoh, beberapa negara tetangga bisa kembali menggelar kompetisi setelah angka kasus COVID-19 bisa dikendalikan.

Apalagi pemerintah Indonesia saat ini mencoba segala cara untuk menekan penyebaran COVID-19 ini dengan berbagai kebijakan. Di antaranya pengendalian moda transportasi hingga pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan penerapan physical distancing (jaga jarak) beserta protokol kesehatan di sejumlah daerah.

Berdasarkan hal-hal tersebut, pelatih berusia 65 tahun itu optimistis Indonesia bisa bangkit dari serangan virus corona COVID-19. Dia juga meyakini Indonesia bisa kembali menggelar kompetisi kompetisi sepak bola Tanah Air.

"Vietnam sudah akan menggelar liga. Brunei dan Singapura virus semakin terkendali, Thailand dan Malaysia juga jumlah korban menurun. Saya rasa itu menjadi ukuran Indonesia juga bisa mengendalikan itu," ujar Robert Alberts.

 

Video

2 dari 2 halaman

Pesan buat Bobotoh

Rene Alberts, menyampaikan pesan ke bobotoh, yang ia tahu amat merindukan melihat Persib bertandingn lagi.

"Yang ingin saya sampaikan kepada Bobotoh, kami semua mempunyai gairah dan tentu kalian ingin mendukung. Tapi yang utama, kesehatan harus diutamakan," kata Robert.

Nakhoda asal Belanda itu mengakui meski Persib bisa kembali bertanding bukan berarti suporter bisa turun menonton langsung. Antisipasi pencegahan penyebaran virus corona memang harus dilakukan sebaik mungkin. Termasuk jika laga digelar tertutup tanpa penonton.

Sehingga, Robert mengingatkan Bobotoh untuk tetap disiplin mengikuti protokol kesehatan yang ada. Termasuk menjaga jarak dan tetap berdiam di rumah. "Kami semua harus disiplin, kami semua harus diam di rumah dan melakukan social distancing hingga peraturan ketat ini dicabut. Kami juga harus harus tetap hati-hati, semua sudah tahu itu," kata mantan pelatih PSM Makassar itu.

Video Populer

Foto Populer