Pelatih Kiper Persib Bertekad Bantu Teja Paku Alam Menembus Timnas Indonesia

Oleh Erwin Snaz pada 14 Mei 2020, 03:45 WIB
Diperbarui 14 Mei 2020, 03:45 WIB
Luizinho Passos, Persib Bandung
Pelatih kiper Persib Bandung, Luizinho Passos. (Bola.com/Erwin Snaz)

Bola.com, Bandung - Pelatih kiper Persib Bandung, Luizinho Passos, terkenal sebagai pencetak kiper yang mumpuni. Bahkan lewat tangan dinginnya, Passos telah mengantarkan dua orang penjaga gawang menembus Timnas Indonesia, yaitu Nadeo Argawinata dan Mochammad Ridho.

Passos memang memiliki rekam jejak yang ciamik di tampatnya bekerja, dengan sederet kiper berkualitas seperti Fabio, Rafael, dan Gabriel Brasso di Cruzeiro, Helton Leite dan Douglas de Jesus di Ipatinga.

Juga kiper-kiper lainya di Brasil yang tentunya diakui Passos merupakan kiper dengan kualitas teknik dan karakter yang hebat. Tak heran saat menapaki karir di Indonesia, Passos sudah mencetak kiper-kiper yang ciamik dan hebat.

Menanggapi hal itu, Passos yang dikontrak Persib selama dua musim ini menyebut untuk menyiapkan kiper muda tidak mudah, khususnya dari aspek mental bermain.

"Selama saya melatih di Brasil dan sekarang di Indonesia, saya senang bisa berhasil mengembangkan potensi kiper muda seperti Nadeo dan Ridho. Mereka butuh waktu dan kerja keras untuk bisa masuk ke tim nasional," jelas Passos saat dihubungi Rabu (13/5/2020).

Passos mengaku sudah menyiapkan proyeksi untuk kiper Persib Bandung, Teja Paku Alam, agar bisa menembus T imnas Indonesia seperti Nadeo dan Ridho.

"Tapi, untuk semua itu perlu kerja keras. Harus fokus agar bisa bermain di level tertinggi untuk melakukan semuanya," seloroh pelatih yang berpenampilan plontos ini.

Ia pun berharap suatu saat bisa kembali mengantarkan anak asuhnya ke Timnas Indonesia, satu di antaranya kiper Persib Bandung, seperti Teja Paku Alam. "Sejak 2017 saya mendapat tantangan untuk bekerja di Indonesia. Saya rasa itu cukup menarik karena di sini orang sangat menggilai sepak bola," kata Passos.

2 dari 3 halaman

Perkembangan Sepak Bola Indonesia

Luizinho Passos (Persib Bandung)
Pelatih kiper Persib, Luizinho Passos (hijau/tengah). (Bola.com/Erwin Snaz)

Selain itu, ketertarikan Passos berkarier di Indonesia karena perkembangan sepak bola di Indonesia sangat baik.

"Saya melihat itu kesempatan yang bagus buat saya, untuk menunjukkan kualitas saya, dan saya sangat senang bisa berkarier di sini," ungkap Passos yang dikontrak Persib Bandung selama dua musim.

Passos mengakui klub Cruzeiro di Brasil sangat berpengaruh terhadap karier profesionalnya karena bisa merasakan pengalaman bekerja dengan profesional-profesional yang hebat.

"Saya pernah bekerja dengan kiper seperti Fabio, Rafael, Lucas Franca, dan Gabriel Brasao. Cruzeiro adalah tim besar dengan suporter yang fanatik," kata Passos.

Passos pun menilai di Indonesia terlihat kiper-kiper yang mumpuni dan berkualitas, bahkan berpeluang untuk bermain di klub luar negeri.

"Saya suka kiper indonesia. Saya pikir mereka punya peluang untuk bermain di klub luar negeri. Sekarang contohnya seperti Nadeo, Ridho, kemudian di Persib ada Teja. mereka punya peluang untuk bisa bermain di tim-tim luar negeri," jelas Passos.

"Aspek yang paling penting tentu fisik dan teknik, serta yang terutama mental. Ketika memiliki mental yang kuat, ada kemungkinan kiper akan bermain bagus dalam satu pertandingan. Setiap pertandingan, saya selalu melihat mental lebih dulu untuk memutuskan siapa kiper yang akan tampil," ucap Passos mengakhiri.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓