VIDEO: Ferdinand Sinaga dan 4 Pemain Liga Indonesia yang dikenal Tempramen di Lapangan

Oleh Diatama Ibduansa pada 15 Mei 2020, 16:15 WIB
Diperbarui 15 Mei 2020, 16:15 WIB

Bola.com, Jakarta Liga Indonesia merupakan kompetisi yang keras dan kerap memicu kontroversi di lapangan. Wajar bila ada saja pemain yang sukar mengendalikan emosinya. Kerasnya pertandingan sepak bola di Indonesia biasanya dipicu dari permainan yang memancing emosi hingga sikap kontroversial yang dilakukan lawan. Ucapan, makian, hingga sikutan bisa menjadi penyebab panasnya pertandingan. Ferdinand Sinaga juga dikenal sebagai pemain yang sukar mengendalikan emosi di lapangan. Emosi Ferdinand Sinaga mendadak meluap jika dipancing atau diprovokasi oleh sikap dan permainan lawan.

Pada 2017, Ferdinand Sinaga mendapatkan sanksi berat dari PSSI yakni larangan empat pertandingan dan dendam sebesar Rp10 juta. Sanksi itu diberikan setelah Ferdinand Sinaga melakukan pemukulan terhadap pemain Persela Lamongan, Ivan Carlos. Ferdinand awalnya mencoba berebut bola dengan Ivan Carlos. Namun, Ferdinand cukup emosi lantaran kesulitan merebut bola dari kaki Ivan Carlos. Ferdinand langsung melayangkan tangannya untuk memukul kepala Ivan Carlos dan terlihat oleh rekaman video. 

Hal-hal semacam itu sudah lumrah terjadi di sepak bola. Bahkan, dahulu sempat melekat sebagai identitas sepak bola Indonesia karena maraknya perkelahian antarpemain. Tak melulu dengan pemain, wasit juga bisa menjadi tempat untuk meluapkan kekecewaan. Para pemain kerap melakukan protes berlebih terhadap keputusan wasit jika dianggap tak ideal.

Para pemain yang kesulitan mengendalikan emosi biasanya mendapatkan sanksi yang tidak ringan. Bisa berupa sanksi larangan pertandingan, hingga denda yang besar. Berikut 5 nama pemain di Liga Indonesia yang dikenal tempramen di lapangan, salah satunya Ferdinand Sinaga.