Sukses


5 Klub yang Gemar Kumpulkan Pemain Gaek di Shopee Liga 1 2020

Bola.com, Jakarta - Dalam dunia sepak bola, terkadang usia hanya melambangkan angka. Termasuk di Shopee Liga 1 2020. Berderet pemain uzur masih sanggup bermain, bahkan dalam performa yang optimal, alih-alih pensiun karena umurnya makin menua.

Memasuki usia ke-35, banyak pesepak bola mengerti persaingan di divisi tertinggi kian keras. Dua pilihan pun mengapung, antara gantung sepatu atau rela turun kasta bermain di level kedua.

Pada Shopee Liga 1, jumlah pemain uzur kian tergerus. Keberadaannya dapat dihitung secara manual. Maklum, kehadiran pesepak bola senior lazimnya bukan lagi menjadi andalan. Melainkan, untuk berbagi pengalaman dan menjadi motivator untuk pemain muda.

Kendati demikian, bukan berarti para pemain senior kehilangan menit bermain. Sejumlah klub masih mengandalkan pesepak bola veteran untuk bertanding sejak awal.

Misalnya Alberto Goncalves, 39 tahun, di Madura United dan Supardi Nasir, 37 tahun, di Persib Bandung. Keduanya masih menjadi pilihan pertama di klubnya masing-masing.

Berikut Bola.com merangkum 5 klub yang doyan mengoleksi pemain uzur alias di atas 35 tahun di Shopee Liga 1:

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 6 halaman

1. Bali United

Juara bertahan Shopee Liga 1, Bali United, menjadi tim paling doyan mengumpulkan pemain gaek di dalam skuatnya. Tim berjulukan Serdadu Tridatu punya empat pemain yang berusia di atas 35 tahun.

Keempat pemain tersebut adalah Wawan Hendrawan (37 tahun), Leonard Tupamahu (36 tahun), Paulo Sergio (36 tahun), dan Fadil Sausu (35 tahun).

Menariknya, keempat pemain tersebut adalah pilar Bali United ketika menjuarai Liga 1 2019. Bukti bahwa pemain uzur masih berguna secara kualitas apalagi pengalaman.

3 dari 6 halaman

2. Persija Jakarta

Di skuat Persija Jakarta tahun ini, ada tiga pemain yang terbilang uzur. Paling gaek tentu Ismed Sofyan, bek veteran berusia 40 tahun yang masih ogah pensiun.

Selain Ismed, tim ibu kota masih memiliki Maman Abdurrahman yang berusia 38 tahun dan Otavio Dutra yang dua tahun lebih muda.

Dari ketiga pemain tersebut, hanya Dutra yang berstatus sebagai starter. Ismed dan Maman saat ini hanya dijadikan sebagai pemain pelapis.

4 dari 6 halaman

3. Persib Bandung

Ada tiga pemain Persib Bandung yang berusia di atas 35 tahun. I Made Wirawan menjadi yang tertua dengan usia 38 tahun.

Made Wirawan disusul oleh Supardi dan Fabiano Beltrame. Keduanya sama-sama berusia 37 tahun.

Namun, hanya Supardi yang berlabel pemain inti. Made dan Fabiano berperan sebagai pemain pengganti di posisi kiper dan bek.

5 dari 6 halaman

4. Persipura Jayapura

Persipura Jayapura juga mengoleksi para pemain gaek di dalam skuatnya. Ada tiga pemain yang meliputi Ricardo Salampessy (36 tahun), Yustinus Pae (36 tahun), dan Valentino Telaubun (35 tahun).

Hebatnya ketiganya masih menjadi andalan Persipura di lini belakang. Terlebih untuk Ricardo dan Pae. Peran keduanya seolah tidak tergantikan.

6 dari 6 halaman

5. Persita Tangerang

Diam-diam, Persita Tangerang mengumpulkan pemain veteran di musim ini. Jumlahnya ada tiga dan tiga-tiganya baru bergabung di Shopee Liga 1.

Persita mendatangkan Hamka Hamzah (36 tahun) untuk memperkuat lini belakang, Raphael Maitimo (36 tahun) untuk lini tengah, dan Samsul Arif (35 tahun) sebagai andalan lini depan. Sejauh ini, ketiganya menjadi pilihan utama pelatih Widodo C. Putri di masing-masing posisi.

Video Populer

Foto Populer