Sukses


4 Jenis Takjil Buka Puasa Favorit Zulham Zamrun

Bola.com, Jakarta - Selama Ramadhan umat muslim di Indonesia kerap melakukan kegiatan berburu takjil atau makanan untuk berbuka puasa. Striker Persib Bandung, Zulham Zamrun, ternyata juga antusias mencari takjil menjelang waktu-waktu berbuka.

Menurut Zulham Zamrun, pada saat kompetisi dihentikan, ia memilih untuk pulang kampung ke Ternate dan melaksanakan ibadah puasa bersama keluarga tercintanya.

"Ada beberapa menu makanan takjil yang selalu saya buru selama di Ternate ini. Ya, sangat senang sekali bisa mendapatkan makanan khas di sini karena di Bandung sangat jarang saya temui," kata Zulham Zamrun kepada Bola.com, Minggu (17/05/2020).

Selain berbu makanan takjil, Zulham mengatakan sang ibu tercinta juga kerap memasak sendiri kue-kue untuk berbuka puasa. Tentu saja, Zulham senang karena masakan sang ibu adalah satu dari sekian hal yang selalu ditunggudirindukannya saat Ramadhan.

"Tapi, ibu saya sendiri kadang memasak untuk kami. Kami senang, karena masakan ibu tentu sudah pasti enak," ujarnya.

Sebagai atlet, Zulham tentu tetap berhati-hati mengatur pola makan meskipun kompetisi sedang berhenti, termasuk saat berbuka puasa. Zulham mengatakan berat badannya jangan sampai naik agar tidak merepotkannya saat berbagung dengan tim memulai latihan.

"Makanya, saya selalu berolahraga setiap hari untuk menjaga kesehatan seperti yang diprogramkan pelatih. Kami nanti akan bergabung dengan tim pada 1 Juni," imbuh dia. 

Jadi apa saja takjik favorit Zulham Zamrun, ini empat di antaranya: 

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 5 halaman

1. Lalampa

Lalampa adalah makanan khas Ternate. Lalampa terbuat dari beras ketan dicampur dengan ikan tongkol dan dibungkus dengan daun pisang.

Rasa Lalampa semakin nikmat karena dibumbui rempah-rempah khas seperti santan, kunyit, daun pandan, daun kemangi, daun jeruk, cabai, serai, bawang merah, kemiri, dan bawang putih.

Lalampa biasanya tersedia hanya pada Ramadhan dan selalu menjadi buruan untuk takjil buka puasa di Ternate.

 

3 dari 5 halaman

2. Kue Pelita

Kue ini menjadi khas makanan Ramadhan di Ternate. Kue ini berbahan dasar tepung. Campuran lainnya adalah gula merah, daun pandan, santan, dan susu.

 

4 dari 5 halaman

3. Kue Asida

Kue ini menjadi salah satu hidangan yang wajib keberadaannya menjelang Idul fitri. Namun, masyarakat Ternate biasanya membuat kue Asida sejak Ramdhan tiba.

Kue ini dibuat dari berbagai bahan, seperti tepung, gula merah, kayu manis, kapulaga, gula pasir, daun pandan dan margarin.

 

5 dari 5 halaman

4. Papeda

Makanan yang satu ini merupakan kuliner khas dari Indonesia Timur. Bagi masyarakat Indonesia bagian timur seperti Ambon dan tentunya di Ternate, Papeda merupakan makanan wajib yang bisa mengantikan peran nasi.

Biasanya papeda dihindangkan dengan ikan kuning yang berkuah. Papeda  terbuat dari bahan utama sagu.

Video Populer

Foto Populer