Starting XI Idaman Marco Motta: Dihuni Buffon, Pirlo, hingga Del Piero

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 17 Mei 2020, 17:20 WIB
Diperbarui 17 Mei 2020, 17:20 WIB
Penyuplai bola di Persija

Bola.com, Jakarta - Bek Persija Jakarta, Marco Motta, pernah bermain satu tim dengan beberapa pesepak bola terbaik di dunia. Pemain asal Italia itu memiliki formasi XI idaman yang berisikan pemain-pemain terbaik.

Sebelum bermain di Persija Jakarta, Marco Motta tercatat pernah membela dua raksasa Italia, AS Roma dan Juventus. Ketika berseragam dua klub tersebut, Motta pernah bermain dengan beberapa pesepak bola kelas dunia.

Marco Motta mengaku sulit untuk memilih 11 pemain terbaik yang menjadi idolanya. Starting XI ini berisikan pemain yang pernah bermain bersamanya semasa berseragam klub-klub Italia.

"Saya tahu pernah bermain dengan banyak pemain hebat. Jadi, memang sulit untuk memilih 11 nama ini. Tim saya dimulai dengan Gianluigi Buffon karena menurut saya dia adalah penjaga gawang terbaik di dunia dan sampai saat ini tetap menunjukkan penampilan luar biasa," kata Marco Motta di akun Youtube Persija Jakarta.

Di posisi bek, Marco Motta memilih dirinya sendiri menghuni posisi bek kanan. Adapun bek tengah dihuni Andrea Barzagli dan Giorgio Chiellini, sedangkan bek kiri dihuni Vincent Candela yang bermain bersamanya di Udinese.

"Saya pernah jadi rekan satu timnya saat di Udinese ketika itu saya berusia 19 tahun. Dia adalah panutan buat saya dan juga merupakan pemain berkelas," ujar Marco Motta.

2 dari 4 halaman

Pirlo Hingga Del Piero

FOTO: 7 Maestro Sepak Bola yang Pensiun di Tahun 2017
5. Andrea Pirlo - Maestro lini tengah Italia ini akhirnya pensiun di usia 38 tahun bersama New york City FC. Pemain berjuluk Il Metronome itu sempat memperkuat tiga klub besar Italia, Inter Milan, AC Milan dan Juventus. (AFP/Marco Bertorello)

Di posisi gelandang, Marco Motta memilih Andrea Pirlo yang akan menjadi deep-lying playmaker. Pirlo akan menyokong pergerakan trequartista yang dihuni Paul Pogba, Daniele De Rossi, dan Francesco Totti.

"Sulit untuk menggambarkan pemain ini dengan kata-kata. Saya rasa Andrea Pirlo adalah pemain terbaik yang pernah satu tim dengan saya," ucap Motta.

"Selanjutnya, Paul Pogba merupakan pemain penuh talenta dan tangguh. Daniele De Rossi, merupakan teman saya dan orang yang sangat baik. Di posisi gelandang serang, saya hanya punya satu nama karena dia adalah gambaran dari sepak bola itu sendiri yakni Francesco Totti," ujar Motta.

Adapun untuk posisi lini depan, Marco Motta mempercayakan duet Del Piero dan Carlos Tevez. Semua pemain tersebut akan bermain di bawah asuhan pelatih Delio Rossi, orang yang berjasa pada Marco Motta saat menukangi Atalanta.

"Mungkin ada beberapa kalian yang tidak tahu banyak tentang sosok ini. Akan tetapi, buat saya perannya sangat penting saat melatih di Atalanta," tegas Marco Motta.

3 dari 4 halaman

Best XI Marco Motta

7 Striker Juventus
Alessandro Del Piero - Mantan penyerang Timnas Italia ini adalah pemain yang sangat loyal dengan Juventus. Selain itu ia juga tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah klub dengan koleksi 270 gol. (FP/Giuseppe Cacace)

Best XI Marco Motta: Gianluigi Buffon (kiper), Vincent Candela, Giogio Chiellini, Andrea Barzagli, Marco Motta (belakang), Andrea Pirlo, Paul Pogba, Daniele De Rossi, Francesco Totti (gelandang), Andrea Del Piero, Carlos Tevez.

Pelatih: Delio Rossi

Sumber: Persija Jakarta

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓