Mario Gomez Berharap Bisa Tangani Timnas pada Sisa Kariernya Sebagai Pelatih

Oleh Iwan Setiawan pada 19 Mei 2020, 12:15 WIB
Diperbarui 19 Mei 2020, 12:15 WIB
Shopee Liga 1 : Tira Persikabo Vs Arema FC

Bola.com, Malang - Pelatih Arema FC, Mario Gomez, memendam sebuah hasrat selama 23 tahun menjadi pelatih, yakni jadi menangani tim nasional sebuah negara.

 

“Tentu saya ingin bisa melatih timnas sebuah negara. Paling tidak dibeberapa waktu kedepan sebelum saya pensiun sebagai pelatih,” kata pelatih 63 tahun asal Argentina ini.

Sebenarnya Gomez hampir jadi pelatih timnas Malaysia tahun 2016 silam. Dia dapat tawaran dari federasi sepakbola Malaysia setelah membawa Johor Darul Takzim juara AFC Cup 2015.

“Baru Malaysia yang sempat memberikan tawaran melatih timnas. Tapi akhirnya tidak saya terima Karena hanya dapat kesempatan satu tahun saja. Bagi saya, melatih negara tidak cukup satu tahun. Mungkin bisa sampai tiga tahun Karena butuh proses yang lebih lama membuat timnas yang tangguh,” kata Mario Gomez.

Gomez dikenal sebagai pelatih asing papan atas di kompetisi Indonesia. Meski belum merasakan gelar juara dalam tiga tahun kariernya di Indonesia, pelatih asal Argentina ini bisa membuat tim yang ditanganinya punya karakter yang sama ngototnya saat main di kandang maupun tandang.

Mario Gomez punya pengalaman segudang. Mulai dari asisten pelatih Valencia dan Inter Milan, Gomez juga pernah membawa klub Malaysia, Johor Darul Takzim jadi juara kompetisi level Asia, AFC Cup 2015.

2 dari 3 halaman

Program Pemain Muda

Mario Gomez, Arema FC
Mario Gomez dalam sesi latihan perdana Arema FC di Stadion Gajayana, Malang. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Mario Gomez sudah punya program jika nantinya jadi pelatih timnas. Dia ingin setiap klub serius menggodok pemain muda. Nantinya ada satu camp khusus untuk mengumpulkan pemain dari sejumlah daerah. Itu jadi cikal bakal timnas yang solid.

“Saya tidak mengesampingkan pemain senior. Namun pemain muda merupakan masa depan klub dan negara. Jadi pembinaan itu penting dan butuh proses,” jelasnya.

Ditanya tentang kesempatan melatih timnas Indonesia, Gomez tidak menutup pintu. Begitu juga bagi negara lain. Karena melatih timnas jadi tantangan tersendiri baginya.  

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓