Sukses


Meninggalkan Karier Gemilangnya di Belanda, Nick Kuipers Mengiyakan Tawaran dari Persib karena Sang Kekasih

Bola.com, Jakarta - Bek asal Belanda, Nick Kuipers bercerita soal kenapa dirinya bisa akhirnya bertualang ke Indonesia bermain di Persib Bandung. Peran kekasihnya amat besar saat pengambilan keputusan ini.

Sebelum dihubungi agennya soal ada tawaran dari Persib, Nick Kuipers mengaku sudah dapat tawaran dari klub Divisi II Belanda, FC Emmen.

Ia sempat gamang beberapa hari untuk mempertimbangkan keputusan ini bersama pacarnya.

"Kami berada di sebuah kamp pelatihan di Zeeland. Agen saya menelepon dan bertanya apa pendapat saya tentang bermain sepakbola di Asia. Saya pikir saya masih terlalu muda, tetapi kemudian Anda mulai memikirkannya dan mendiskusikannya di rumah bareng kekasih saya."

"Secara finansial saya harus akui tawaran dari Persib amat menggiurkan. Pacar saya juga antusias," kata Nick Kuipers saat diwawancarai situs omroepwest.nl.

"Setelah beberapa malam berbaring, berdiskusi, menelepon, mengumpulkan informasi, saya akhirnya bulat membuat pilihan menerima tawaran dari dengan Persib," timpalnya lagi.

Nick Kuipers menjadi andalan lini pertahanan Persib Bandung setelah datang pada paruh musim lalu.

Nick Kuipers diperkenalkan pada publik Bandung pada 20 Agustus 2019 bersama dengan pemain asing lainnya yang baru datang pada paruh musim. Bersama Omid Nazari dan Kevin van Kippersluis, Nick Kuipers diperkenalkan pada hari yang sama.

Berbeda dengan Omid dan Kevin, Nick Kuipers diikat kontrak selama 1,5 musim sehingga saat ini Nick mempunyai sisa kontrak semusim.

Selain Nick Kuipers, Omid juga dipastikan akan diperpanjang kontraknya untuk satu musim ke depan. Hanya Kevin van Kippersluis yang tak diperpanjang kontraknya dan dipersilahkan untuk pergi dari Maung Bandung.

Pada musim perdananya di Persib, Nick Kuipers hampir selalu jadi pilihan utama Robert Alberts. Ia tampil di 17 laga dengan total  1.530 menit bermain. Pemain kelahiran 8 Oktober 1992  mencetak 2 gol dan meyumbang sebiji assist.

 

Video

2 dari 2 halaman

Karier Panjang Nick di Belanda

Memasuki musim 2020, posisi Nick Kuipers di jantung pertahanan tak tergantikan di Persib. Di tiga laga awal Shopee Liga 1 2020 ia selalu turun sebagai pemain utama.

Nick Kuipers tercatat sudah membela beberapa klub di negara asalnya, Belanda. Ia mengawali perjalanan karier profesional seniornya bersama MVV Maastricht pada 2010.

Nick Kuipers menghabiskan 7 tahun bersama MVV Maasstricht dan mencatatkan 162 penampilan serta 12,499 menit bermain dan tercatat menyumbangkan 5 gol dan 3 asisst.

Pada musim panas 2017, Nick Kuipers pindah ke salah satu peserta kasta tertinggi Liga Belanda, Eredivisie, ADO Den Haag dengan status free transfer.

Di ADO Den Haag selama satu setengah musim, Nick Kuipers mencatatkan 18 penampilan (974 menit bermain) dan raihan sebiji gol.

Saat membela ADO Den Haag, Nick Kuipers pernah dipinjamkan ke FC Emmen selama setengah musim pada Januari 2019 hingga Juni 2019.

Pada saat dipinjamkan ke FC Emmen, Nick Kuipers mencatatkan 10 kali penampilan serta 786 menit bermain. Pada Agustus 2019 kontrak Nick Kuipers bersama ADO Den Haag habis dan selanjutnya ia memilih bergabung dengan Persib Bandung.

Ia mengaku tak menyesal dengan pilihannya. "Persib tim yang tepat buat saya. Bobotoh amat luar biasa. Stadion selalu penuh saat klub bertanding. Hal yang mungkin tidak saya rasakan jika tetap bermain di Belanda," katanya.

Nick Kuipers kini mudik ke Belanda begitu kompetisi Liga 1 2020 disetop sementara karena pandemi corona COVID-19. Ia berharap bisa segera kembali ke Indonesia untuk kembali bermain membela Persib.

Video Populer

Foto Populer