5 Wonderkid yang Potensial Bersinar di Piala AFF 2020

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 21 Mei 2020, 08:45 WIB
Diperbarui 21 Mei 2020, 08:45 WIB
Trivia - Pemain Suphanat Mueanta, Hadi Fayyadh, Witan Sulaeman, Doan Van Hau
Trivia - Pemain Suphanat Mueanta, Hadi Fayyadh, Witan Sulaeman, Doan Van Hau (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Tim nasional di Asia Tenggara mulai berani memberikan panggung kepada pemain muda dalam beberapa tahun terakhir. Situasi inilah yang membuat Piala AFF 2020 nanti akan dikejutkan dengan kehadiran bocah ajaib alias wonderkid.

Kehadiran para pemain muda di level senior tim nasional negara-negara Asia terjadi demi penyegaran kualitas. Para pelatih memiliki visi ke depan demi memajukan sepak bola negara yang diasuhnya.

Caranya adalah dengan memberikan kesempatan kepada pemain muda tampil di tim nasional senior. Langkah itu dianggap tepat sebagai bagian dari proses regenerasi.

Para pemain muda itu sebelumnya sudah ditempa di level kelompok umur. Bahkan, meskipun usianya belum genap 20 tahun mereka terbukti sudah mampu memperkuat klub-klub elite.

Kehadiran para wonderkid seakan menjadi tradisi pada setiap turnamen sepak bola. Hal inilah yang membuat Piala AFF 2020 nanti akan menarik untuk disaksikan dengan kehadiran para pemain muda.

Bola.com mengumpulkan lima nama wonderkid yang memiliki peluang tersebut. Berikut ini adalah lima pemain muda yang berpeluang bakal tampil bersinar di Piala AFF 2020.

2 dari 7 halaman

Farhan Zulkifli

Farhan Zulkifli
Farhan Zulkifli, Timnas Singapura (dok. Singapore Premier League)

Farhan Zulkifli merupakan aset Timnas Singapura. Pemain berusia 17 tahun itu sebelumnya sudah tampil bersinar bersama Tim U-16 dan U-19.

Farhan Zulkifli saat ini memperkuat Hougang United dan sudah tampil sebanyak sembilan kali. Sebagai bek, Farhan Zulkifli juga mampu mencetak gol dan bisa diandalkan untuk menghuni lini belakang.

Pada 2019, Farhan Zulkifli dipanggil ke Timnas Singapura untuk laga persahabatan melawan Yordania dan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun, pelatih Tatsuma Yoshida belum memberikannya kesempatan bermain.

Piala AFF 2020 menjadi momentum yang tepat buat Farhan Zulkifli melakoni debut di Timnas Singapura.

3 dari 7 halaman

Hadi Fayyadh

Malaysia
Striker Malaysia Hadi Fayyadh mencetak dua gol saat mengalahkan Timnas Indonesia U-19 di Paju Public Stadium, Paju, Senin (6/11/2017). (AFC)

Hadi Fayyadh merupakan pemain masa depan Timnas Malaysia. Pemain berusia 20 tahun saat ini bermain di klub J-League 2, yakni Fagiano Okayama.

Namun, Hadi Fayyadh belum mencatatkan penampilan di laga resmi sejak bergabung pada 2019. Hadi Fayyadh merupakan penyerang yang saat ini masih membela Timnas Malaysia U-22.

Menarik untuk menyaksikan kiprah Hadi Fayyadh di Piala AFF 2020. Pelatih Tan Cheng Hoe layak memberikan kesempatan kepadanya untuk tampil di Timnas Malaysia senior.

4 dari 7 halaman

Suphanat Mueanta

Suphanat Mueanta
Suphanat Mueanta, Timnas Thailand (dok. VocketFC)

Suphanat Mueanta diprediksi menjadi wonderkid yang tampil mengejutkan di Piala AFF 2020. Masih berusia 17 tahun, Suphanat Mueanta sudah mampu menembus Timnas Thailand senior dan mencatatkan tiga penampilan.

Suphanat Mueanta saat ini memperkuat Buriram United dan telah tampil sebanyak 35 kali dengan torehan 10 gol. Suphanat Mueanta merupakan pemain serbabisa yang berperan sebagai gelandang dan penyerang.

Pada SEA Games 2019, Suphanat Mueanta mampu mencetak lima gol. Pelatih Akira Nishino diprediksi akan membawa Suphanat Mueanta ke Timnas Thailand senior pada Piala AFF 2020.

5 dari 7 halaman

Doan Van Hau

Doan Van Hau
Doan Van Hau, Timnas Vietnam (dok. Getty Images)

Doan Van Hau saat ini bermain di klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen, dengan status pinjaman. Namun, sejak 2019 Doan Van Hau belum mendapatkan kesempatan bermain.

Doan Van Hau merupakan bek tangguh masa depan Timnas Vietnam. Baru berusia 21 tahun, Doan Van Hau sudah mampu mengemas 23 penampilan sejak memulai debut pada 2017.

Doan Van Hau memiliki postur tubuh tinggi 186 cm. Pemain asli binaan akademi Ha Noi FC itu dikenal tangguh saat melakukan bola udara dan menarik untuk menyaksikan kiprahnya di Piala AFF 2020 nanti.

6 dari 7 halaman

Witan Sulaeman

Witan Sulaeman
Witan Sulaeman menegaskan Timnas Indonesia U-22 wajib meraih kemenangan pada laga pamungkas Grup B kontra Kamboja U-22. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Piala AFF 2020 bakal menjadi panggung yang tepat buat Witan Sulaeman. Pemain berusia 18 tahun sejauh ini telah tampil bersama Timnas Indonesia U-19 dan U-22 pada SEA Games 2019.

Sebagai gelandang serang, Witan dikenal memiliki kecepatan dan tembakan yang akurat. Hal itulah yang membuat pemain asal Palu itu sering mencetak gol.

Witan saat ini bermain di klub Serbia, FK Radnik. Kehadiran Witan di lini serang bisa menambah kualitas Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Sumber: Berbagai Sumber

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓