Sukses


Cerita Kiper Persebaya Bertugas sebagai Anggota TNI saat Pandemi Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Penjaga gawang Persebaya Surabaya, Angga Saputra, punya kesibukan lain di samping statusnya sebagai pesepak bola. Dia diwajibkan tetap berlatih, namun pemain asli Sidoarjo itu harus berdinas sesuai statusnya.

Angga merupakan pemain sepak bola yang juga tercatat sebagai anggota TNI AD. Selama pandemi virus corona, dia berusaha menjaga kebugaran dengan latihan. Namun, pria berusia 26 tahun itu bekerja dengan seragam lorengnya sebagai anggota TNI.

Dia berdinas di kesatuan Pomdam V/Brawijaya, Surabaya. Sehari-hari, Angga harus menjalani aktivitas berangkat kerja dari rumahnya di Tanggulangin, Sidoarjo, ke Makodam V/Brawijaya.

“Saya harus kembali dinas ke kantor, karena sekarang tidak ada pertandingan sepak bola. Sudah lama tidak ngantor, ada canggung juga. Saya terakhir ke kantor Januari lalu,” ungkap pemain berpangkat sersan dua (serda) itu kepada Bola.com, Kamis (21/5/2020). 

“Saya dapat surat perintah dari Pangdam (Panglima Kodam V/Brawijaya), disuruh dinas lagi. Kalau situasi sudah normal atau kompetisi jalan lagi, saya diberi izin gabung tim lagi,” imbuh mantan penjaga gawang Tira Persikabo itu.

Angga berusaha mengatur waktu antara aktivitasnya sebagai atlet dan anggota TNI. Beruntung, tugasnya di Pomdam V/Brawijaya tidak terhitung berat untuk dijalani saat bulan Ramadhan seperti ini.

“Saya sebagai staf saja. Tugasnya biasanya mengatur surat masuk dan keluar. Jadwal tetap bisa diatur. Pagi latihan, sore latihan lagi,” imbuh kiper Persebaya Surabaya kelahiran 30 November 1993 itu.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Hadapi Tantangan

Angga menghadapi tantangan di tengah tugasnya ini. Dia harus beperjalanan dari Sidoarjo dan Surabaya dalam situasi pandemi virus Corona. Dua daerah ini juga sedang memberlakukan pembatasan sosial bersekala besar (PSBB) sepekan terakhir.

“Kalau saya pakai baju seragam dinas sudah pasti ke kantor, jadi tidak ada masalah. Saya juga mengikuti imbauan dari pemerintah. Tetap pakai masker, rajin cuci tangan, dan menjaga jarak,” tuturnya.

Kiper didikan kompetisi internal Persebaya itu telah berstatus sebagai anggota TNI AD sejak 2015 bersama rekan-rekannya sesama pesepak bola. Statusnya itu membuatnya membela PS TNI pada tahun tersebut.

Dia sempat berseragam Madura United selama dua setengah musim pada 2016-2018. Setelah itu, Angga kembali membela klub yang berafiliasi dengan instansinya, saat masih berubah nama menjadi PS Tira dan Tira Persikabo.

Baru pada awal musim ini dia memutuskan untuk menerima tawaran dari Persebaya. Kebetulan, dia bertugas di Surabaya sehingga memudahkan mendapat izin dari kesatuannya.

Video Populer

Foto Populer