Sukses


Menengok Bisnis Sambal Penyerang Persebaya, Bisa Laku 20 Botol dalam Sehari

Bola.com, Surabaya - Penyerang sayap Persebaya Surabaya, Oktafianus Fernando, memiliki usaha sampingan untuk menambah pemasukan di tengah pandemi COVID-19. Dia membuka bisnis sambal botol bersama sang istri, Gabriella Hocky Loexyanta.

Itu bermula saat pemain yang akrab disapa Ofan tersebut doyan makan sambal dan dibuatkan oleh Hocky. Beberapa kali menyantap kudapan dengan sambal itu, Ofan menilai rasanya sedap di lidah dan sangat layak untuk dijual.

Kebetulan, Hocky juga memutuskan mundur dari pekerjaannya sebagai karyawan bank swasta di Surabaya. Situasi pandemi COVID-19 makin membuat pemain Persebaya Surabaya ini memberanikan diri untuk membuka usaha.

“Kami sebenarnya sudah punya rencana buka usaha ini pada Februari. Tapi, saya sendiri waktu itu sibuk main di Piala Gubernur (Jatim). Realisasinya baru terjadi Maret, sewaktu pandemi ini mulai muncul di Indonesia,” kata Ofan kepada Bola.com.

Terdapat beberapa jenis sambal yang dijual, di antaranya adalah sambal ebi, baby cumi, cakalang, tongkol, dan remis. Ofan dan Hocky menamai produknya “Sambal Mama Hocky”.

Menurut Ofan, nama itu diambil dari celetukan rekannya saat sedang menyantap makanan dengan hidangan sambal buatan istrinya. Nama itu pun melekat.

Mereka memproduksi sendiri sambal ini dengan bahan baku dari Tuban, daerah asal Hocky. Harga ikan di sana relatif lebih murah dan segar dibanding Surabaya.

“Istri saya punya saudara yang bisa membantu memasok ikan ke Surabaya. Kalau kami hitung, ongkosnya sebenarnya tidak beda jauh dibanding beli di Surabaya. Tapi, ikan dari Tuban lebih segar,” imbuh andalan di lini serang Persebaya Surabaya itu.

Video

2 dari 2 halaman

Sempat Mengantar Sendiri

Pemain berusia 26 tahun itu memanfaatkan statusnya sebagai sosok yang dikenal publik Surabaya. Dia menggunakan akun instagram dan menghubungi beberapa Bonek, suporter Persebaya Surabaya, yang kemungkinan mau membeli produknya.

Selain memproduksi sendiri, Ofan juga sempat mengantar langsung barang dagangannya tersebut kepada pelanggan. Baginya itu menjadi momen untuk berjumpa dengan mereka, yang kebanyakan memang suporter Persebaya.

“Senang juga bisa bertemu mereka. Biasanya waktu saya antar pasti mengajak foto bareng. Tapi, saya sekarang sudah tidak mengantar langsung. Kami pakai jasa ojek online, karena istri khawatir kalau saya sering keluar,” ungkap pemain berdarah Flores-Jawa itu.

Mereka kini mulai kewalahan meladeni pesanan dari para pelanggan. Seperti dugaan awal Ofan, banyak yang suka dengan sambal buatan istrinya. “Awalnya dapat orderan 20 botol. Sekarang rata-rata dalam sehari bisa dapat 20 kali pesanan,” tutupnya.

Video Populer

Foto Populer