Sukses


Menpora Zainudin Amali: Penting untuk Melanjutkan Kompetisi Liga Indonesia

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali secara tersurat berharap kompetisi sepak bola Tanah Air bisa dilanjutkan. Ini terkait kepentingan tim nasional yang bakal menjalani serangkaian turnamen penting tahun ini hingga tahun depan.

Hingga berita ini turun, belum dapat dipastikan apakah Liga Indonesia, mencakup Shopee Liga 1 dan Liga 2 bakal kembali digulirkan atau tidak. Adapun kompetisi masih berstatus force majeure akibat wabah virus corona.

PSSI masih berpedoman pada masa darurat yang diberlakukan pemerintah melalui BPNP yaitu harus menunggu sampai tanggal 29 Mei 2020. Jika masa darurat tidak diperpanjang, besar kemungkinan kompetisi bisa berlanjut.

Akan tetapi, sejumlah klub Liga 1 terkesan menolak melanjutkan kompetisi. Alasan kesehatan publik menjadi faktor utamanya.

"Saat ini kondisi ekonomi masyarakat sedang terpuruk. Orang berdagang apa saja tak laku, karena daya beli warga turun. Banyak orang tak punya penghasilan memadai akibat mereka di-PHK," kata Haruna pada awal April kemarin.

"Kalau kompetisi dilanjutkan, saya yakin tak ada orang beli tiket untuk nonton pertandingan. Jika mereka punya uang, lebih baik untuk makan daripada nonton sepak bola," lanjutnya.

Mengenai pendapat sejumlah aktor sepak bola Indonesia terkait lanjut atau tidaknya kompetisi, Zainudin Amali menegaskan bahwa penting untuk menggulirkan kembali Liga 1 dan Liga 2. Ini berkenaan dengan persiapan Timnas Indonesia.

"Saya dengar klub-klub maunya kompetisi berhenti saja, tapi bagaimana kemudian dengan persiapan timnas? Kita tahu timnas senior Oktober akan main di Pra Piala Dunia yang akan menentukan peringkat Indonesia di FIFA. Demikian pula timnas U-16 di Piala AFC serta tentu saja timnas U-19 untuk persiapan Piala Dunia U-20 2021," kata Zainudin Amali saat disambangi Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

 

Video

2 dari 2 halaman

Berharap Berlanjut

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar mengatakan, jika waktunya masih terkejar, lebih baik kompetisi Liga 1 2020 dilanjutkan.

"Saya pribadi ingin kompetisi dilanjut. Jangan ada turnamen lain. Tapi kalau memang tidak bisa dilanjut karena waktu tidak mencukupi, ya apa boleh buat. Masa harus ngotot," ucap Umuh saat dihubungi Minggu (17/5/2020).

"Kami tunggu saja keputusan dari PSSI dan pemerintah. Mudah-mudahan saja pandemi ini segera menurun, cepat beres, dan ada penurunan korban COVID-19. Insya Allah, sekarang disiplin dulu saja," ucap Umuh.

Video Populer

Foto Populer