Pelatih Persib Usulkan Skema Lanjutan Shopee Liga 1 2020

Oleh Wiwig Prayugi pada 23 Mei 2020, 16:30 WIB
Diperbarui 23 Mei 2020, 16:30 WIB
Robert Alberts, Persib Bandung

Bola.com, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts berharap Shopee Liga 1 2020 kembali bergulir pada Juli 2020. PSSI akan memutuskan kelanjutan Liga 1 2020 pada 29 Mei nanti setelah ditunda akibat wabah vorus corona.

Ia memberikan usulan skema lanjutan Liga 1.

"Kami sudah berdialog dengan manajemen dan pemain. Kami berharap dan berpikir positif PSSI akan mengambil keputusan liga akan dimulai kembali pada Juli, seperti yang tertuang dalam surat tertanggal 27 Maret," ujar Robert saat dihubungi Sabtu (23/5/2020).

Robert berharap PSSI tetap mengupayakan Liga dilanjutkan. Bila Juli tidak memungkinkan, bisa digelar Agustus.

"Ini bukan hanya perihal sebuah liga, tapi kami melihat kepentingan yang lebih besar, yakni kualitas dari Timnas Indonesia, sehingga pemain tetap kompetitif ketika bermain lagi Oktober nanti," jelas pelatih asal Belanda ini.

"Kami juga harus mempersiapkan pemain supaya mereka bisa mewakili Indonesia di kompetisi AFC. Jadi, kami berharap dimulai lagi pada Agustus dan berlanjut hingga April atau Mei tahun depan. Musim berikutnya dimainkan pada Agustus 2021 dan berjalan seperti sistem di Eropa," tambah Robert.

Hal itu kata Robert bisa membuka kesempatan pemain asing untuk datang ke Indonesia saat jeda transfer. Kemudian, persiapan untuk Timnas Indonesia.

"Ada peraturan pemain harus memenuhi panggilan timnas dan liga harus memberi jeda waktu supaya mereka punya waktu istirahat. Faktor penting lainnya adalah memberi waktu untuk Piala Indonesia," jelas pelatih yang gabung Persib Bandung pada 2019 itu.

2 dari 3 halaman

Tanpa Penonton

Wajah Sedih Persib Bandung, PSM Makassar, Piala Presiden 2018
Para suporter Persib Bandung tak mampu menyembunyikan kekecewaan usai klub kesayangannya gagal di Piala Presiden 2018. Pasukan Maung Bandung tersebut tersingkir di fase grup.

Robert menambahkan, apabila semua tersusun lebih rapi, turnamen Piala Indonesia bisa digelar. Menurut Robetr, turnamen tersebut paling bergengsi di setiap negara di dunia.

"Jika liga dimulai kembali pada Agustus 2021 maka klub bisa bermain juga di Piala Indonesia. Jadi kami akan menunggu untuk keputusan nanti tanggal 29, dan seperti yang saya katakan, ini adalah sudut pandang kami," cetus Robert.

"Jika liga bisa digelar kembali Juli, maka keselamatan pemain dan orang yang terlibat harus diperhatikan dan semua harus mengikuti instruksi dari otoritas kesehatan," tambah Robert.

Pelatih berusia 65 tahun ini pun berharap stadion masih tetap kosong karena terlalu berisiko menularkan virus.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓