Sukses


Trio Samurai yang Pernah Bertarung Bersama Persib

Bola.com, Bandung - Sejak pemberlakuan regulasi penggunaan pemain asing asal Asia pada musim 2009-2010, cukup banyak pemain asal Jepang yang berkarier di Indonesia. Beberapa pemain Jepang menemukan kesuksesan di Indonesia dengan bergabung bersama klub-klub papan atas, termasuk tiga pemain Jepang yang namanya besar bersama Persib Bandung.

Regulasi pemain asing asal Asia memang harus dimanfaatkan dengan baik oleh kontestan Liga Indonesia. Bahkan kini sebaran pemain asing asal Asia tak lagi hanya berkutat di Jepang atau Korea, melainkan asal negara Asia lain, seperti Tajikistan, Uzbekistan, ataupun Nepal.

Persaingan pemain asal Asia untuk bisa berkarier di Indonesia pun makin ketat. Namun, pemain asal Jepang memang kerap memiliki keistimewaan karena semangat juang yang mereka perlihatkan di lapangan hijau, yang mirip seorang samurai yang tangguh.

Persib Bandung juga tercatat pernah memiliki tiga pemain Jepang, seperti Satoshi Erasmo Otomo, Shohei Matsunaga, dan Kenji Adachihara.

Satoshi Erasmo Otomo adalah pemain kelahiran Distrik Inba, Chiba, Jepang. Ia sebenarnya pemain asal Filipina yang memiliki darah Jepang. Memperkuat Persib pada musim 2009-2010, Satoshi didatangkan dari klub Jepang, FC Gifu. Ia datang mengisi slot Suchao Nuchnum yang berasal dari Thailand.

Sayang kehadiran Satoshi Otomo tidak sesuai harapan karena diduga membawa cedera bawaan. Ia hanya memperkuat Persib selama setengah musim.

Bersama Persib Bandung, Satoshi hanya bermain selama 1.183 menit dalam 15 kali tampil dan tidak pernah mencetak gol. Lepas dari Persib, Satoshi hijrah ke Bontang FC kemudian ke Persela Lamongan.

 

Video

2 dari 3 halaman

Shohei Matsunaga

Selain Satoshi Otomo, pemain asal Jepang yang pernah membela Persib Bandung adalah Matsunaga Shohei. Pemain kelahiran Jepang, 7 Januari 1989 ini jadi bagian Persib pada musim 2010-2011.

Mengawali karier bersama Persib, Shohei tidak terlalu menonjol. Ia hanya bermain selama 927 menit dalam 13 kali tampil dan mencetak gol.

Penampilan kurang memuaskan membuat Persib pun tidak memperpanjang kontrak pemain asal Negeri Sakura itu. Lepas dari Persib, Shohei berlabuh ke Persiba Balikpapan.

Pada musim 2017, Shohei kembali mendapat panggilan ke tubuh Persib Bandung. Kehadiran Shohei ke Persib tentu tidak asing. Bahkan ia terlihat lebih baik dibandingkan saat awal datang ke Persib.

Selama musim 2017, Shohei bermain selama 1.996 menit dalam 32 kali penampilan, dan melesakan 3 gol.

 

3 dari 3 halaman

Kenji Adachihara

Pemain asal Jepang lainnya di Persib Bandung adalah Kenji Adachihara. Sebelum ke Persib, Kenji merupakan pemain yang cukup dikenal oleh publik sepak bola nasional dengan penampilan gemilangnya bersama Bontang FC.

Kenji bergabung dengan Persib dari persiba Balikpapan pada musim 2012-2013 sebagai tandem Sergio Van Dijk.

Saat berseragam Persib, Kenji sempat menyabet gelar top scorer di kompetisi Inter Island Cup (IIC) 2012. Ia pun menjadi pujaan bobotoh saat itu.

Namun, cedera yang menimpanya sempat membuat performa Kenji sedikit menurun. Selama di Persib, ia tampil selama 1.695 menit dalam 32 kali tampil dengan torehan 10 gol.

Musim 2014, Kenji bermain untuk tim Persita. Namun, ia pergi dari tim Pendekar Cisadane tersebut serelah terdegradasi. PSS Sleman jadi persinggahan Kenji pada 2016 hingga akhirnya gantung sepatu setelah tidak lolos seleksi di Persija Jakarta.

Video Populer

Foto Populer