Rapat Virtual dengan PSSI, Persiraja Mengusulkan Liga 1 2020 Tetap Berlanjut

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 28 Mei 2020, 05:45 WIB
Diperbarui 28 Mei 2020, 05:45 WIB
Persiraja Logo

Bola.com, Banda Aceh - Persiraja Banda Aceh tetap dalam pendirian untuk mengusulkan agar kompetisi Liga 1 2020 tetap berlanjut. Usul tersebut disampaikan oleh Presiden Persiraja, Nazaruddin Dek Gam, melalui rapat virtual dengan PSSI yang digelar Rabu (27/5/2020).

Nazaruddin Dek Gam mengatakan rapat tersebut bersifat usulan untuk dibawa ke rapat exco PSSI. Dalam rapat tersebut, Persiraja Banda Aceh sebagai satu dari 18 peserta Liga 1 2020 mengusulkan agar kompetisi tetap dilanjutkan lagi setelah terhenti karena pandemi COVID-19.

“PSSI secara tidak langsung menginginkan kompetisi harus mulai digulirkan kembali. Dan PT. LIB sudah menyampaikan bahwa sulit untuk memberikan subsidi klub kalau tidak ada kompetisi,” ujar Dek Gam, sapaan akrab Nazaruddin.

Sudah sewajarnya dalam sebuah diskusi, usulan dari klub pun berbeda-beda. Ada beberapa yang mengusulkan kompetisi berlanjut, meski dengan sejumlah persyaratan, ada pula yang mengusulkan kompetisi disetop dengan sejumlah saran tambahan.

"Persiraja tetap seperti sebelumnya. Kami mengusulkan Liga 1 2020 tetap berlanjut kembali dan dapat disaksikan oleh penonton, karena Persiraja merupakan hiburan bagi masyarakat Aceh. Jadi ada enam tim yang ingin liga berlanjut kembali, seperti Borneo FC, Arema FC, Persib, Bali United, Persikabo, dan tentu Persiraja," ujar Presiden Persiraja Banda Aceh itu.

 

2 dari 3 halaman

Memaklumi Usulan Lain

Persiraja Banda Aceh
Skuat Persiraja Banda Aceh. (dok. Persiraja Banda Aceh)

Kendati demikian, Presiden Persiraja Banda Aceh itu juga memaklumi adanya beberapa tim yang ragu untuk melanjutkan kompetisi. Sejumlah faktor memang bisa menjadi penyebab klub berpikiran untuk tidak melanjutkan kompetisi setelah terhenti cukup panjang.

"Hal itu wajar saja terjadi di tengah kondisi yang tidak menentu. Namun, nanti standar kesehatan dan keamanan pertandingan bisa dibahas lebih detail lagi, bagaimana SOP yang harus diterapkan, Insyaallah setelah semua setuju, pasti ada jalannya," ujar Dek Gam.

Sementara itu, di antara tim yang tidak setuju Liga 1 2020 lanjut adalah Madura United, Persebaya Surabaya, PSIS Semarang, PSM Makassar, Barito Putra, Persita Tangerang, Persela Lamongan, Bhayangkara FC, Persija Jakarta, Persik Kediri, dan PSS Sleman. Persipura memilih abstain, mengikuti apapun keputusan.

Persija dan PSS Sleman tak ingin melanjutkan kompetisi, tapi meminta Liga 2021 dimulai sejak September 2020. Sementara yang lainnya memilih Liga 1 2020 disetop dan diganti dengan turnamen pada September sampai Desember 2020.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓